Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 16 Oktober 2017 | 11:20 WIB
  • VIDEO: Rumah Pohon Microsoft, Bekerja Asyik di Tengah Alam

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
VIDEO: Rumah Pohon Microsoft, Bekerja Asyik di Tengah Alam
Photo :
  • www.blog.microsoft.com
Rumah pohon di markas pusat Microsoft

VIVA.co.id – Microsoft punya terobosan baru menciptakan lingkungan kerja yang menarik bagi karyawannya. Pekan lalu perusahaan teknologi dunia itu mengumumkan telah membangun rumah pohon di markas perusahaan di Redmond, Washington, Amerika Serikat. 

Rumah pohon ini dimanfaatkan sebagai ruang pertemuan para karyawannya. Pembangunan rumah pohon dimaksudkan agar karyawan Microsoft bisa bekerja terhubung dengan alam dan bisa merasakan sensasi berbeda bekerja di nuansa alam langsung.

Rencana pembangunan ini sebelumnya memang menarik perhatian dan membetot rasa penasaran para karyawan. 

“Hal pertama saat Anda memasuki rumah pohon ini adalah benar-benar menjadi pendiam dan berhenti ngobrol. Ini sangat menarik, orang menyerap lingkungan dan mengubah persepsi pekerjaan mereka dan bagaimana mereka melakukannya," ujar pemimpin proyek Real Estate and Fasilities di markas Microsoft, Bret Boulter.

Dalam keterangan di blog perusahaan, Senin 16 Oktober 2017, Microsoft menuliskan alam memang berperan dalam menjadi terapi dalam menjalani pekerjaan. 

Fisikawan Universitas Harvard, Eva M. Selhub mengatakan, alam merangsang hormon penghargaan di dalam otak karyawan, sehingga menciptakan sebuah kondisi yang aktif dan produktif. 

"Alam mematikan respons stres yang artinya Anda memiliki kadar kortisol lebih rendah, detak jantung dan tekanan lebih rendah, serta respons kekebalan tubuh yang lebih baik," kata Selhub yang merupakan salah satu penulis dalam Your Brain on Nature. 

Dalam berbagai penelitian, paparan alam telah meningkatkan perasaan positif, kreativitas dan fokus mengembalikan pikiran dari kelelahan mental kerja. 

"Pohon dan tanaman mengeluarkan bahan kimia aromatik yang memengaruhi kognisi, keadaan mental dan kekebalan tubuh kita," kata Selhub.

Sebagai ruang kerja, rumah pohon itu dilengkapi dengan WiFi dan outlet untuk pengecasan perangkat komputer dan mobile. Fasilitas lainnya, ada kafetaria, kursi goyang dan perapian. 

Rumah pohon itu didesain oleh Pete Nelson, pembaca acara serial Animal Planet, Treehouse Masters. Rumah pohon ini dibangun pada musim panas tahun ini. Lihat video rumah pohon di sini.