Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 20 Oktober 2017 | 12:15 WIB
  • 2022, 'Hotel Antariksa' Akan Dibawa ke Bulan

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
2022, 'Hotel Antariksa' Akan Dibawa ke Bulan
Photo :
  • Bigelow Aerospace
Bigelow Aerospace.

VIVA – Perusahaan bisnis ruang angkasa asal Las Vegas, Amerika Serikat, Bigelow Aerospace, berencana mengirim hotel kapsul ke orbit Bulan dalam lima tahun mendatang.

Pemilik Bigelow Aerospace, Robert Bigelow mengatakan, pihaknya bersama United Launch Alliance berencana meluncurkan modul Bigelow B330 menggunakan roket ULA Vulcan 562 Next Generation, untuk kemudian memasukkannya ke orbit mengelilingi Bulan.

"'Depot Bulan' akan dapat mendukung pengguna NASA dan komersial di awal tahun 2022. Depot Bulan juga akan menyediakan pelabuhan untuk pengembangan bisnis lunar yang signifikan selain menawarkan kepada NASA dan negara lainnya," kata Roger, dikutip dari Russia Today, Jumat, 20 Oktober 2017.

Menurutnya, Bulan sebagai lokasi menarik baru untuk melakukan eksplorasi dan penjelajahan bagi astronaut jangka panjang.

Sebagai informasi, Bigelow Aerospace adalah perusahaan manufaktur yang membuat hotel ruang angkasa berupa modul yang bisa diperluas. Bigelow sendiri didanai oleh Robert, yang juga memiliki jaringan hotel budget, Suites of America.

Sementara United Launch Alliance adalah perusahaan patungan (joint venture) antara Lockheed Martin Space Systems dan Boeing Defense, Space and Security.

Robert menambahkan, United Launch Alliance akan membantu dalam hal penyediaan roket pembawa hotel kapsul tersebut. CEO dan Direktur Utama United Lauch Alliance, Tory Bruno menegaskan, pihaknya akan mengirim Vulcan dengan B330 ke orbit bawah Bumi.

Modul ini akan diluncurkan ke orbit Bulan setelah dilakukan uji coba selama satu tahun. Selama periode tersebut, Bigelow berencana untuk mengirimkan pasokan serta melakukan pergantian anggota awak setiap beberapa bulan sekali.

"Kami sangat senang bisa melanjutkan hubungan kami dengan Bigelow Aerospace. Mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa mengenai eksplorasi di luar Bumi. Ini akan menjadi kenyataan," kata Bruno.