Aplikasi 'Help Bencana', Peringatan Dini Gunung Agung Erupsi

Aktivitas vulkanik Gunung Agung masih fluktuatif. Saat ini gunung di Kabupaten Karangasem Bali ini sedang dalam kondisi kritis.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia meluncurkan aplikasi 'Help Bencana'. Aplikasi ini berkaitan dengan peringatan dini (early warning) bencana Gunung Agung yang terletak Kabupaten Karangasem, Bali.

Keliling Pasar di Jatim, Satgas Pangan Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Peluncuran aplikasi ini berkat kerja sama antara Polri dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana serta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Selain itu, program ini juga terkoneksi dengan BMKG, TNI dan pemerintah daerah.

Diduga Produksi Oli Palsu, Komunitas Aktivis Muda Indonesia Desak Mabes Polri untuk Segera Tangkap

Menurut Asisten Operasional Kapolri, Inspektur Jenderal Mochammad Iriawan, aplikasi peringatan dini online berbasis Android ini bisa diunduh di https://drive.google.com/file/d/0BwCOarCM6ygKSl9ZRDdGMnJBV0k/view?usp=drivesdk.

Ia menjelaskan, aplikasi ini akan membantu warga yang telah memiliki aplikasi ini dengan cepat mengetahui jika gunung setinggi 3.142 mdpl tersebut erupsi.

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

"Intinya untuk membantu apabila Gunung Agung erupsi. Saat terjadi erupsi, operator dari vulkanologi akan menekan tombol alarm di Android, lalu alarm akan berbunyi ke seluruh pengguna Android yang sudah mengunduh aplikasi ini," kata Iriawan, di Denpasar, Bali, Jumat, 20 Oktober 2017. (ase)

Satgas Pangan Mabes Polri

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

Tim Satgas Pangan Polri melakukan pengawasan terkait stabilisasi harga ketersediaan pangan selama Puasa Ramadan dan jelang Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/202

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024