Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 23 Oktober 2017 | 09:04 WIB
  • Foto-foto Hujan Meteor Orionid di Berbagai Belahan Dunia

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Foto-foto Hujan Meteor Orionid di Berbagai Belahan Dunia
Photo :
  • Reuters/Jon Nazca
Penampakan hujan meteor Orionid 2017 di Spanyol.

VIVA – Akhir pekan lalu beberapa penikmat astronomi di berbagai belahan dunia menyaksikan datangnya hujan meteor Orionid. 

Menurut laporan yang dikutip dari laman Standard, Senin 23 Oktober 2017, pengamat yang bisa menikmati hujan meteor dari sisa debu Komet Halley itu, yaitu Kota Malaga di Spanyol, Perth di Australia, Dubai, Prancis Selatan, sampai New Hampshire di Amerika Serikat.

Di Negeri Paman malah dilaporkan pada Kamis lalu, hampir ada 200 laporan tentang penampakan hujan meteor di langit Amerika Serikat. Pengamat di beberapa lokasi di Amerika Serikat melihat penampakan hujan meteor yang muncul dari rasi Orion tersebut. 

Laporan yang masuk ke organisasi non profit astronomi The AMerican Meteor Society menunjukkan, penampakan hujan meteor terlihat di New York, New Jersey, Connecticus, Pennsylvania, Massachusetts, Maryland dan New Hampshire.

"Hujan meteor itu terlihat lebih terang di langit dibanding Planet Venus, salah satu benda langit yang paling terang pada langit malam," tulis laman NBC. 

Penampakan hujan meteor Orionid 2017 di Spanyol

Hujan meteor Orionid di Ronda, Malaga, Spanyol, Minggu (22/10/2017).

Sementara di belahan dunia lain melihat hujan meteor tahunan tersebut, penikmat astronom di Inggris harus gigit jari. Mereka tak bisa menyaksikan hujan meteor Orionid lantaran terhalang oleh datangnya Badai Brian.

Hujan meteor Orionid merupakan lintasan sisa debu ekor Komet Halley. Komet ini merupakan komet yang mendekati Matahari setiap 76 tahun dan baru akan tampak lagi pada 2061. (ren)
 

 

#orionid

A post shared by M Kubilay Kuzu (@m.kubilay.kuzu) on