Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 25 Oktober 2017 | 16:37 WIB
  • Tinder Meluncurkan Fitur Anti-pelecehan Seksual

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Afra Augesti
Tinder Meluncurkan Fitur Anti-pelecehan Seksual
Photo :
  • REUTERS/Mike Blake
Telepon - smartphone - mobile phone - hp - gadget - internet - generasi milenial - tinder

VIVA – Aplikasi chatting, Tinder, meluncurkan fitur baru yang ditujukan untuk membantu wanita memerangi douchebags atau perkataan tak sopan dari pria yang biasa ditemui di aplikasi kencan.

Fitur baru ini bernama Reaksi Tinder atau Tinder Reactions. Reaksi Tinder adalah bagian dari proyek perusahaan, Menprovement, yang menanggapi semakin menjamurnya aplikasi kencan feminis seperti Bumble.

Fitur tersebut dirancang oleh wanita yang bekerja di Tinder. Reaksi Tinder mempunyai 'delapan reaksi baru' yang dapat dikirimkan oleh pengguna kepada seseorang.

Lima di antaranya diciptakan eksklusif untuk wanita yaitu really, urgh, nope, martini, eye roll, strike, dan ball's in your court.

Ide pembuatan fitur ini disebabkan karena penciptanya adalah pengguna Tinder, yaitu komedian Whitney Cummings. Dirinya acapkali menemui pria-pria yang berkelakuan tak sopan saat mengajaknya ngobrol atau kencan.

Banyak wanita yang menyatakan hal ini sebagai sesuatu yang lumrah, akan tetapi bagi sebagian orang perilaku seperti itu termasuk dalam pelecehan seksual.

Dengan adanya fitur Reaksi Tinder, pengguna wanita dapat dengan mudah merespons perilaku lawan bicaranya menggunakan salah satu reaksi dari animasi tersebut.

Dengan demikian, para pria dapat mengetahui bahwa ada sesuatu yang tidak beres dari percakapan yang dilakukannya.

"Ini benar-benar sebuah masalah. Saya berhenti menggunakan Tinder tahun ini karena saya sangat muak dengan pria-pria yang mengirim 'terong' dan referensi kasar," ungkap Cummings, dikutip dari Independent, Rabu, 25 Oktober 2017.

Cummings menambahkan, Reaksi Tinder dirancang untuk memberikan penggunanya sebuah pilihan dalam menanggapi percakapan apa pun.

Fitur ini juga diklaim cocok untuk spektrum perilaku yang luas, misalkan, dari ungkapan lembut (katakanlah ball's in your court!) ke peringatan tegas (mengirim eyeroll), dan ke tindakan yang lebih berani (melemparkan minuman ke wajah lawan bicara).

"Di dunia kita yang serba cepat, wanita mana yang punya waktu untuk menanggapi setiap tindakan pria kurang ajar yang dia temui? Dengan Reaksi Tinder, Anda bisa melakukannya hanya dengan sekali tekan, mudah, tegas, dan memuaskan," katanya.

Akan tetapi, bagi sebagian besar orang, Reaksi Tinder dinilai tidak akan mampu menghentikan sikap tak sopan seorang pria kepada wanita hanya melalui aplikasi saja. (ase)