Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 09:52 WIB
  • Alien Susah Ditemukan, sebab Selama Ini Ilmuwan Salah Tempat

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Alien Susah Ditemukan, sebab Selama Ini Ilmuwan Salah Tempat
Photo :
  • www.pixabay.com
Ilustrasi lautan dalam

VIVA – Perburuan kehidupan asing luar Bumi atau alien sejauh ini belum menunjukkan titik terang. Meski demikian, para ilmuwan masih meyakini suatu saat alien pasti akan ditemukan. Kebuntuan pencarian kehidupan alien selama ini dinilai karena ilmuwan selama ini salah tempat. 

Dikutip Express, Rabu 25 Oktober 2017, mantan ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat, Alan Stern, mengatakan mulai saat ini harusnya ilmuwan fokus pada dunia air untuk bisa menemukan alien. 

"Banyak kemungkinan penjelasan yang telah disampaikan kenapa alien belum bisa ditemukan. Kami menyarankan pencarian di dunia lain, dunia yang menjadi tempat biologi dan peradaban adalah dunia air laut," ujar Stern yang sekarang bekerja di Southwest Research Institute, Texas, berbicara dalam acara 2017 Division for Planetary Sciences. 

Stern mengatakan, bisa saja alien bersembunyi di dasar lautan dunia. Lokasi itu dianggap rasional, sebab dasar laut terlindungi dari radiasi dari luar angkasa. 

Dia menjelaskan, dunia laut biasanya sangat dingin dan alien ini bisa hidup di bawah lapisan es tebal. Lingkungan itu lah yang membuat peneliti ini hampir tak mungkin untuk melihat atau mengontak alien. 

"Dunia air secara alami terputus dari komunikasi dengan sifat interiornya di bawah atap es tebal atau batu dan es. Oleh karena itu, tidak mudah untuk mengungkapkan alien," ujarnya. 

Gagasan Stern ini dikuatkan dengan pendapat peneliti Institute of Cosmos Sciences Universitas Barcelona, Fergus Simpson. Namun, menurut Simpson, alien yang hidup di bawah laut tidak akan terlalu punya peradaban yang maju. (art)