Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 09:31 WIB
  • Paus Bakal Diskusi dengan Astronaut di ISS, Bahas Apa?

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Paus Bakal Diskusi dengan Astronaut di ISS, Bahas Apa?
Photo :
  • BBC
Paus Fransiskus

VIVA – Paus Fransiskus dijadwalkan akan berbicara dengan para astronaut misi Expedition 53 yang berada di Stasiun Antariksa Internasional atau ISS, Kamis pagi 26 Oktober 2017 waktu Vatikan.  

Komunikasi pemimpin Gereja Katolik Roma itu akan menjadi yang kedua sepanjang sejarah. Sebelumnya komunikasi antara Paus dengan awak ISS pernah dilakukan pada 2011. Kala itu Paus Benediktus XVI berbicara dengan astronaut yang berada di ISS dari Perpustakaan Vatikan di Roma, Italia. 

Dikutip dari Space, Kamis 26 Oktober 2017, nantinya Paus Fransiskus akan berbicara dengan astronaut Badan Antariksa Eropa, Paolo Nespoli dan tiga astronaut lainnya Randy Bresnik, Mark T Vande Hei dan Joe Acaba. 

"Kemungkinan kosmonaut Rusia juga akan bergabung dalam perbincangan dengan Paus Fransiskus," ujar Juru bicara NASA, Dan Huot dalam keterangan lewat email

Komunikasi antara Vatikan dengan astronaut di ISS pada kali ini diselenggarakan berkat dukungan dari tim dari Badan Antariksa Eropa dan Badan Antariksa Italia. Badan antariksa itu akan menyiapkan fasilitas agar Paus Fransiskus bisa berkomunikasi dengan para awak ISS tersebut. 

Kilas balik pada perbincangan Paus Benediktus XVI pada 2011, kala itu Paus berbincang dengan 12 astronaut di ISS. Saat itu Paus bertanya kepada para kru tentang sudut pandang mereka tentang alam semesta dari luar angkasa. Paus juga berdiskusi bagaimana pengalaman di antariksa para astronaut bisa mempengaruhi pandangan mereka pada awal mula dan takdir alam semesta serta peradaban manusia. Paus Benediktus XVI mengaku sangat senang berbincang dengan astronaut dan menyebutkan itu merupakan 'kesempatan yang luar biasa'. Paus juga memuji keberanian para astronaut. 

Untuk agenda perbincangan dengan astronaut pada hari ini, belum diketahui topik apa yang akan dibahas Paus Fransiskus. Namun selama ini, Paus Fransiskus telah menunjukkan keyakinannya pada sains dan teori evolusi serta teori Big Bang.