Aplikasi Nelpin Besutan XL Bantu Pemberdayaan Nelayan

Nelayan Go Online.
Sumber :
  • Dok. XL Axiata

VIVA – Perusahaan telekomunikasi PT XL Axiata Tbk bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kementerian Komunikasi dan Informatika menyerahkan perangkat digital 'Nelayan Pintar' (Nelpin) kepada para nelayan Indonesia.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

Kali ini, giliran nelayan di Banyuwangi, Jawa Timur, yang mendapatkan donasi ini dan bisa segera mereka pergunakan untuk meningkatkan produktivitas.
 
Caretaker Vice President XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim mengatakan, dukungan perseroan terhadap program Nelayan Go Online ini bentuk implementasi atas komitmen terhadap pemberdayaan masyarakat Indonesia dalam memasuki era digital.

"Para nelayan penerima manfaat ini akan mendapatkan gratis paket data selama dua bulan dan handset dari XL Axiata," katanya, dalam keterangan resmi, Kamis, 26 Oktober 2017.

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

Sementara itu, dari sisi jaringan untuk mendukung pengoperasian Nelpin, XL Axiata telah menyediakan layanan 4G LTE dan 3G yang memadai di lokasi-lokasi implementasi Program Nelayan Go Online ini.

Jaringan tersebut juga bisa menjangkau lepas pantai tempat nelayan menangkap ikan dengan memanfaatkan Nelpin.

XL Axiata Lagi Semringah

Sebelumnya, program ini sudah terimplementasi antara lain di Surabaya Jawa Timur, Makassar Sulawesi Selatan, dan Medan Sumatera Utara.

Aplikasi Nelpin memiliki sejumlah fitur yang akan sangat mendukung aktivitas nelayan, baik saat bekerja melaut maupun guna mengetahui kondisi pasar ikan.

Fitur tersebut antara lain menyediakan informasi arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, posisi/koordinat nelayan (GPS), juga lokasi berkumpulnya ikan.

Selain itu juga tersedia informasi terkait harga ikan ter-update, juga permintaan atas jenis-jenis ikan.

"Aplikasi Nelpin dirancang oleh Kementerian KKP dan ditargetkan untuk bisa dimanfaatkan nelayan di seluruh Tanah Air," papar Imam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya