Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 1 November 2017 | 07:51 WIB
  • Elon Musk Bikin Jalan Tol Bawah Tanah Bebas Emisi

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
Elon Musk Bikin Jalan Tol Bawah Tanah Bebas Emisi
Photo :
  • @elonmusk/Instagram
Terowongan yang dibangun Elon Musk.

VIVA – Pengusaha kakap Elon Reeve Musk merilis foto terowongan yang dibangun oleh perusahaannya di bawah tanah di pinggiran kota Los Angeles, Amerika Serikat.

Ia akan menguji konsep transportasi baru untuk sistem yang memungkinkan orang untuk bergerak di bawah tanah dengan kendaraan pribadinya ketimbang menggunakan kereta bawah tanah.

Pendiri SpaceX dan Tesla itu mengunggah fotonya di Instagram pribadinya, @elonmusk, sepanjang akhir pekan lalu yang menggambarkan bawah terowongan bawah tanah itu telah mencapai panjang kurang lebih 150 meter.

Diperkirakan, terowongan ini akan mencapai kurang lebih 3 kilometer dalam jangka waktu tiga hingga empat bulan mendatang.

Pada Agustus 2017, Dewan Kota Hawthorne mengeluarkan izin yang memungkinkan perpanjangan terowongan tanah kurang lebih dari 3 km dari lahan SpaceX, yang melintasi di bawah tanah sudut bandara kota dan di bawah jalan-jalan kota hingga ke titik kurang lebih 1,6 km sebelah timur Bandara Internasional Los Angeles.

Dokumen Dewan Kota Hawthorne berjudul 'Uji Coba Terowongan Guna Menciptakan Transportasi Bawah Tanah Tanpa Emisi' memiliki garis tengah bagian eksterior selebar 4,1 meter dan garis tengah interior kurang lebih 3,6 meter dan akan memiliki kedalaman 13,4 meter di bawah permukaan tanah.

“Saat proyek ini selesai, terowongan uji coba ini akan dilengkapi dengan sistem ‘papan luncur’ yang akan diuji untuk membuktikan kelayakannya sebagai sarana transportasi baik bagi pejalan kaki atau kendaraan pribadi,” bunyi dokumen resminya, dikutip Voa, Rabu, 1 November 2017.

sorot antariksa - elon musk - tesla motors

Elon Musk.

Konsep yang ditawarkan, menurut dokumen tersebut, adalah kendaraan akan dinaikkan ke papan luncur, mesinnya akan dimatikan dan kendaraan berikut penumpangnya akan diangkut dari satu sisi terowongan uji coba ke sisi lainnya.

Musk juga mengunggah cuitan yang berharap dalam jangka waktu satu tahun ke depan terowongan ini akan terentang di sepanjang koridor Jalan Raya Antar Negara Bagian No. 405 dari Bandara Los Angeles ke arah Jalan Raya Nasional No. 101 di Lembah San Fernando.

Rentang terowongan ini kurang lebih 27 km. Musk telah mengutarakan keluhannya tentang kondisi lalu-lintas Los Angeles yang disebutnya 'mengganggu kesehatan jiwa'.

Selain itu, Musk juga telah memberikan dukungan terhadap konsep transportasi lainnya, hyperloop, sebuah tabung hampir hampa udara yang akan memacu kapsul khusus untuk jarak jauh hingga kecepatan 1.207 km/jam. Teknologi ini memanfaatkan bantalan udara yang tipis, magnetisme, dan bertenaga surya. (mus)