Proses Virus HIV Menggerogoti Tubuh

Ilustrasi virus.
Sumber :
  • www.pixabay.com/typographyimages

VIVA – Tim ilmuwan Universitas Chicago Amerika Serikat menemukan bagaimana proses virus HIV menyerang sel-sel tubuh. Tim peneliti menggambarkan sel yang terserang virus ikut menyerang sel lain, begitu seterusnya.

Bantah Tudingan Venny Alberti Tularkan Penyakit Kelamin, Akash Elahi: Saya Siap Tes HIV Lagi

Salah satu peneliti dari universitas tersebut, Gregory Voth mengatakan, mereka menirukan proses virus HIV menyerang sel lain dalam sebuah model komputer.

Voth menjelaskan, dengan pemodelan komputer, mereka menemukan, begitu virus HIV menginfeksi sel, virus itu akan memaksa sel untuk membuat kapsul kecil di luar dari membran mereka. Kapsul tersebut sudah dipenuhi dengan virus tersebut.

Venny Alberti Ngaku Kena PMS, Akash Elahi Bingung Sudah Lama Tak Berhubungan dengan Istrinya

Begitu kapsul menyebar ke sel lain, lapisan kapsul berantakan, dan asam ribonukleat atau RNA HIV mulai bekerja. Dengan kondisi itu, sel lain pun terjangkit virus HIV. Proses kapsul menyebarkan virus itu berjalan berkat berpengaruh adanya protein Gag.

"Kami meniru bagaimana protein Gag terlibat memaksa sel korban membuat kapsul HIV untuk menginfeksi sel lain, sebuah proses yang disebut tunas," ujar Voth seperti dilansir Futurity, Jumat 10 November 2017.

Akash Elahi Bantah Tudingan Venny Alberti Soal Penyakit Seks: "Fitnah Kejam!"

Bagaimana proses virus HIV menyebar ke sel-sel tubuh ini, kata Voth, temuan mereka mungkin bisa menawarkan jalan baru untuk pengobatan memerangi virus HIV. (mus)

Ilustrasi kondom/alat kontrasepsi.

Beri Proteksi Cegah HIV hingga Kehamilan Tak Diinginkan, Begini Cara Pakai Kondom yang Benar

Membuka bungkus kondom sendiri kata dia, tidak boleh menggunakan gigi atau mulut. Sebab bisa berisiko kondom tersebut menjadi sobek

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024