China Bikin Senjata Hipersonik, 14 Menit Bisa Sampai AS

Pesawat tempur siluman China.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Tentara Pembebasan Rakyat China sedang membangun terowongan angin tercepat di dunia untuk menguji senjata hipersonik, yang bisa mencapai pantai barat Amerika Serikat dalam waktu kurang dari 14 menit.

China Membantah, Amerika Lega

Pembangunan fasilitas militer ini akan memakan waktu tiga tahun. Percepatan pengembangan senjata hipersonik China bertujuan untuk mengurangi risiko kegagalan saat uji terbang jet tempur hipersonik.

Menurut laman Independent, Jumat 17 November 2017, terowongan tersebut akan menampilkan ruang uji dengan ruang untuk model pesawat terbang dengan rentang sayap hampir tiga meter.

Amerika Guncang, Ada Rudal Hipersonik Nuklir China di Langit

Terowongan ini juga dipakai untuk menguji terbang rudal hipersonik dengan kecepatan hingga 12 kilometer per detik.

Ilmuwan senior dari Akademi Ilmu Pengetahuan China, Zhao Wei, mengatakan bahwa para periset akan meledakkan beberapa tabung berisi campuran gas oksigen, hidrogen dan nitrogen untuk menciptakan gelombang kejut yang akan disalurkan ke ruang uji melalui tabung logam.

Guncang Asia, 13 Ribu Pasukan Perang China dan Rusia Muncul di Gobi

Reaksi ini akan menghasilkan aliran udara berkecepatan tinggi dan panas yang ekstrem. Pesawat uji harus tahan terhadap suhu 7.727 derajat celcius.

Untuk perlindungan, kata Zhao yang terlibat dalam proyek tersebut, akan dibuat 'bahan khusus' untuk mencegah terjadinya apa yang dinamakan disintegrasi.

"Ini akan meningkatkan penerapan teknik pada teknologi hipersonik dengan menduplikasi lingkungan penerbangan hipersonik yang ekstrem," ungkap dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya