Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 24 November 2017 | 19:47 WIB
  • Indonesia Sabet 4 Posisi Top di Kompetisi Video Pendek Asia

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis,
    • Siti Sarifah Alia
Indonesia Sabet 4 Posisi Top di Kompetisi Video Pendek Asia
Photo :
  • www.pixabay.com/geralt
Ilustrasi video live

VIVA – Keahlian Indonesia dalam sebuah kompetisi kreatif rupanya memang bukan rahasia lagi. Dalam kompetisi video pendek yang melibatkan semua negara di Asia, dua video milik Indonesia berhasil mendapatkan empat posisi teratas.

Video pertama bertajuk 'Chick-Chick'. Bercerita tentang gadis kecil bernama Kara yang harus tinggal di rumah neneknya karena orangtuanya sedang bertengkar dan tidak berbicara satu sama lain. Di sana ia berteman dengan seekor ayam dan mencoba berkomunikasi dengan ayam tersebut dengan menggunakan telepon kaleng, yang menginspirasinya untuk mencoba memperbaiki hubungan kedua orangtuanya. 

Sedangkan video kedua adalah 'Sowan' yang menghadirkan cerita pendek tentang seorang pria yang melakukan perjalanan dengan sepeda motor. Dalam perjalanannya, ia menemukan masalah di daerah setempat, yang mana selama ini terjadi konflik antara petani, pengepul, dan penjual di pasar.

'Chick-Chick', yang disutradarai oleh Kevin Anderson berhasil menjadi pilihan pertama juri dan diganjar dengan predikat Grand Winner dengan hadiah US$30.000 dan kamera Sony a7sii dalam kompetisi The 5-Min Video Challenge. Selain itu video ini juga menjadi runner-up People’s Choice Award yang berhadiah US$2.000 dan meraih Sony’s Emerging Talent Award yang berhadiah kamera Sony a7sii. 

Sedangkan 'Sowan' yang merupakan besutan Destian Rendra berhasil keluar sebagai Runner Up kompetisi ini, dan berhak menerima hadiah sebesar US$15.000 dan kamera Sony a6500. Selain itu video yang mendapatkan voting publik terbanyak ini juga keluar menjadi juara pertama dalam People’s Choice Award yang berhadiah US$3.000.

"Keberhasilan Indonesia tampil sebagai pemenang utama untuk kedua kalinya di kompetisi ini menunjukkan bahwa anak muda Indonesia memiliki talenta hebat di dunia film dengan karya yang berkualitas dan mampu unggul dalam kompetisi tingkat regional. Tahun ini pun menjadi amat spesial karena kontingen Indonesia dapat menyapu bersih seluruh kategori," ujar Direktur Marketing Telkomsel, Alistair Johnston.

The 5-Min Video Challenge adalah sebuah kompetisi video regional yang mulai diadakan pada tahun 2016 dan merupakan hasil kolaborasi dari operator seluler yang tergabung dalam Singtel Group, yakni Singtel (Singapura), Optus (Australia), AIS (Thailand), Airtel (India dan Afrika), Globe (Filipina), dan Telkomsel (Indonesia). Tahun ini tema video adalah Connecting Lives.