Gunung Agung Erupsi, XL Axiata Siapkan Antisipasi Jaringan

BTS XL di Bali
Sumber :
  • Dokumen XL Axiata

VIVA – Seiring dengan erupsi Gunung Agung di Bali, pemerintah telah meningkatkan status bahaya Gunung Agung, Bali, dari Siaga menjadi Awas. PT XL Axiata Tbk atau XL Axiata memastikan seluruh layanan komunikasi data, percakapan atau SMS di sekitar Gunung Agung.

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

Untuk di seluruh Bali, XL Axiata menegaskan layanan mereka masih aman dan tidak terjadi gangguan apapun, sehingga tetap dapat melayani masyarakat dengan baik. Meski demikian, kewaspadaan terus dilakukan dan langkah-langkah antisipasi atas segala kemungkinan telah disiapkan. 

“Kami pastikan hingga saat ini tidak ada Base Transceiver Station (BTS) XL Axiata yang mengalami gangguan, termasuk di daerah yang masuk wilayah bencana. Namun, untuk antisipasi, kami telah menyiapkan langkah-langkah darurat seandainya bencana terus meningkat sehingga mengganggu operational BTS-BTS yang ada di sekitar lokasi bencana,” jelas Caretaker Vice President East Region XL Axiata, Mochamad Imam Mualim dalam keterangan tertulisnya, Senin 27 November 2017.

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

Imam mengatakan, tim XL Axiata akan terus siaga menjaga jaringan agar tetap bisa beroperasi karena di saat genting seperti ini sarana telekomunikasi menjadi sangat diperlukan, termasuk bagi aparat yang terlibat dalam penanganan dampak bencana.

Dia menuturkan, XL Axiata memiliki 13 unit BTS yang berada di radius berbahaya 12 km. XL Axiata telah menyiapkan back-up jaringan dengan meningkatkan kapasitas trafik di setiap BTS di dekat area pengungsian.

XL Axiata Lagi Semringah

Sementara untuk mengantisipasi pasokan listrik, XL Axiata menyiapkan puluhan genset guna mendukung operasional BTS yang ada. XL Axiata juga telah berkoordinasi dan bekerja sama dengan perusahaan penyedia menara telekomunikasi untuk mengantisipasi gangguan jaringan komunikasi di sekitar Gunung Agung.

Penanganan jaringan XL Axiata di sekitar Gunung Agung kini menjadi tanggung jawab bersama tim jaringan XL Axiata yang berbasis di Denpasar, Bangli, dan Karang Asem. Ada 33 BTS milik XL Axiata yang berada di sekitar Gunung Agung. Sementara itu di seluruh Bali, XL Axiata memiliki lebih dari 3000 BTS (2G/3G/4G).

Sebagai perusahaan telekomunikasi, Imam mengatakan, XL Axiata juga sudah memberikan bantuan sarana telekomunikasi, antara lain berupa telepon umum gratis (TUG), kartu SIM, dan akses internet, di lokasi pengungsian. Sarana ini akan bisa membantu kebutuhan komunikasi warga korban, dan juga bisa dimanfaatkan oleh aparat yang bertugas menangani korban bencana.  

Bulan lalu, XL Axiata telah menyalurkan donasi berupa bahan makanan dan obat-obatan melalui Posko Ulakan dan Posko Menanga yang berada di Kecamatan Manggis dan Rendang, Kabupaten Karangasem. Dengan adanya perkembangan terakhir, XL Axiata akan mulai mengumpulkan informasi untuk menyiapkan donasi selanjutnya bagi warga yang mengungsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya