Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 5 Desember 2017 | 16:37 WIB
  • Saksikan Hujan Meteor Terbaik pada 2017

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Saksikan Hujan Meteor Terbaik pada 2017
Photo :
  • REUTERS/Amir Cohen
Penampakan Hujan Meteor Perseid

VIVA – Memasuki penghujung tahun, fenomena langit akan tersaji hingga pertengahan Desember ini. Mulai pekan ini hingga pekan berikutnya, akan terjadi hujan meteor Geminid. 

Dikutip dari Space.com, Selasa 5 Desember 2017, Badan Antariksa Amerika Serikat mengatakan, bagi kalangan astronom hujan meteor Geminid ini merupakan salah satu hujan meteor terbaik dan paling dinanti sepanjang tahun ini. Sebab, hujan meteor yang terjadi tiap Desember ini menyuguhkan fenomena alam khas.

Hujan meteor Geminid muncul saat Bumi melintasi pecahan debu dan serpihan yang ditinggalkan oleh asteroid 3200 Phaethon. Asteroid ini mendekati Bumi setiap 1,4 tahun. 

Dalam riwayatnya, hujan meteor Geminid telah terlihat dan diamati sejak 200 tahun lalu. Hal yang membuat istimewa hujan meteor ini adalah derasnya meteor yang melintas. Pada puncak hujan meteor ini, sekitar 120 meteor per jam bisa melintas atmosfer Bumi dan menyuguhkan pemandangan hujan meteor yang berbeda. 

Hujan meteor ini juga menjadi salah satu yang terbaik, sebab gravitasi Planet Jupiter menarik lintasan serpihan asteroid itu, sehingga serpihan makin dekat ke Bumi. 

Pegiat astronomi Langit Selatan, Avivah Yamani dalam tulisannya mengatakan, hujan meteor ini berlangsung sejak 4 Desember hingga 17 Desember. Untuk puncak hujan meteor ini terjadi pada 14 Desember. 

Avivah mengatakan, hujan meteor Geminid melintas dengan kecepatan 35 kilometer per detik. 

Hujan meteor ini muncul dari rasi Gemini, makanya dinamakan hujan meteor Geminid. Muncul dari rasi tersebut, tapi pengamat di seluruh dunia bisa menikmatinya.

Laman Space menuliskan, waktu terbaik untuk mengamati hujan meteor ini adalah pada pukul 02.00 dini hari, tapi pengamat bisa menyaksikannya lebih awal, saat hujan meteor ini muncul dari rasi pukul 22.00.

Avivah menyarankan, pengamat yang ingin menikmati hujan meteor Geminid bisa mulai sejak pukul 20.00-21.00. Rentang waktu itu merupakan waktu setelah rasi Gemini terbit. Menurutnya waktu terbaik untuk mengamati hujan meteor ini dilakukan setelah pukul 22.00, saat rasi Gemini sudah cukup tinggi di langit. 

Hujan meteor Geminid, kata Avivah, diuntungkan dengan siklus bulan yang mana masih dalam tahap bulan sabit. Fase menuju bulan baru yang terbit pukul 02.25 itu tidak banyak mengganggu pengamatan hujan meteor Geminid. 

  • Jepang Uji Hujan Meteor Buatan pada 2019
    Jepang Uji Hujan Meteor Buatan pada 2019
  • Cara Terbaik Amati Hujan Meteor Leonid Malam Ini
    Cara Terbaik Amati Hujan Meteor Leonid Malam Ini
  • Malam Ini Hujan Meteor Leonid, Cek 5 Fakta Menariknya
    Malam Ini Hujan Meteor Leonid, Cek 5 Fakta Menariknya
  • Hujan Meteor Leonid Siap Beraksi 17 November 2017
    Hujan Meteor Leonid Siap Beraksi 17 November 2017
  • Foto-foto Hujan Meteor Orionid di Berbagai Belahan Dunia
    Foto-foto Hujan Meteor Orionid di Berbagai Belahan Dunia
  • Catat, Ini Waktu Ideal Amati Hujan Meteor Orionid
    Catat, Ini Waktu Ideal Amati Hujan Meteor Orionid