Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 8 Desember 2017 | 14:37 WIB
  • Keren! 5 Bank Besar di Indonesia Bakal Terapkan Blockchain

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
Keren! 5 Bank Besar di Indonesia Bakal Terapkan Blockchain
Photo :
  • VIVAnews/Adri Irianto
Bank Mandiri.

VIVA – Lima bank besar asal Indonesia sepertinya sedang bersiap menerapkan teknologi Blockchain yang bekerjasama dengan perusahaan teknologi raksasa Amerika Serikat, IBM. Kelima bank tersebut adalah Bank Mandiri, BNI, BRI, Bank Danamon dan Bank Permata.

Senior Vice President of IBM Industry Platforms, Bridget van Kralingen, mengumumkan solusi perbankan bernama IBM Blockchain ini akan membantu industri keuangan mempercepat transaksi pembayaran, mengurangi kompleksitas transaksi terutama di bagian back office, sekaligus menekan biaya operasional.

Mengutip situs resmi IBM, Jumat, 8 Desember 2017, dengan menggunakan solusi bernama IBM Blockchain, mereka juga bekerja sama dengan mitra seperti Stellar.org dan KlickEx Group.

"Solusi kami ini sudah memproses transaksi langsung di 12 koridor mata uang di seluruh Kepulauan Pasifik dan Australia, Selandia Baru serta Inggris," kata Bridget.

Blockchain merupakan sistem basis data global online yang berisi sekumpulan data transaksi di mana sistem basis data ini dapat dilihat secara umum (open source), seperti buku kas induk di bank yang mencatat semua transaksi nasabah, Blockchain juga mencatat semua transaksi yang dilakukan penggunanya.

Bridget memberi contoh jaringan IBM yang baru memungkinkan petani di Kepulauan Samoa terlibat kontrak dagang dengan pembeli di Indonesia.

Bank Permata.

Menurutnya, Blockchain tersebut akan digunakan untuk mencatat persyaratan kontrak, mengelola dokumentasi perdagangan, memungkinkan petani untuk memberikan agunan, memperoleh letter of credit, dan menyelesaikan persyaratan transaksi dengan pembayaran segera, melakukan perdagangan global dengan transparansi dan kemudahan yang relatif.

Baca Juga: Mengapa Indonesia Butuh Blockchain?

Selain lima bank asal Indonesia, berikut nama-nama bank yang sudah bekerjasama dengan IBM. Banco Bilbao Vizcaya Argentaria, Kasikornbank Thailand, Mizuho Financial Group, Bank Nasional Australia, Rizal Commercial Banking Corp. (RCBC) Filipina, Sumitomo Mitsui Financial Group, Bank TD, Wizdraw (HK) dari WorldCom Finance.

Menurut data Bank Dunia, inisiatif untuk memodernisasi pembayaran dan memberikan akses finansial dapat memperbaiki arus mata uang dan perdagangan, dan membantu mencapai tujuan memperluas layanan keuangan kepada satu miliar penduduk pada 2020.

Sayangnya pihak IBM Indonesia belum bisa memberikan keterangan lengkap terkait dengan perbankan besar di Indonesia yang akan menerapkan Blockchain. Namun mereka memastikan jika memang perusahaan AS tersebut sedang melakukan sosialisasi Blockchain di tanah air.

“Yang aku tahu, semua masih dalam pembahasan. Kita memang sedang sosialisasi teknologi Blockchain tapi semua (isu perbankan terapkan Blockchain) masih dalam tahap pembahasan,” kata Communication Lead IBM Indonesia, Rina Suryani, kepada Viva.co.id.

Sebelumnya, Menkominfo Rudiantara mengatakan sikapnya yang mendukung penerapan Blockchain di Indonesia. Pasalnya, Blockchain mampu memberikan transparansi aliran dana masuk dan keluar, apalagi yang dilakukan oleh institusi pemerintah. Blockchain secara tidak langsung bisa membantu kinerja KPK.