Selfie Lebih 'Ganas' dari Serangan Ikan Hiu

Wanita-wanita Cantik di Rock in Rio
Sumber :
  • REUTERS/Pilar Olivares

VIVA.co.id - Fakta menunjukkan tren gaya hidup digital baru, Kesimpulan itu muncul setelah data berbagai pemberitaan menunjukkan sepanjang 2015, kematian yang terkait dengan swafoto lebih banyak dibandingkan kematian yang terkait serangan ikan hiu.

Dikutip Mashable, Selasa 22 September 2015, dari data itu menunjukkan sepanjang 2015 kematian terkait swafoto mencapai 12 orang tewas sedangkan kematian yang disebabkan hiu hanya delapan orang tewas.

Kematian terakhir akibat swafoto dilaporkan menimpa seorang turis manula Jepang, Hideto Ueda, yang jatuh dari tangga saat melakukan swafoto di Taj Mahal, India. Rekan Ueda dilaporkan hanya mengalami luka-luka.

Data menunjukkan umumnya kematian yang terkait swafoto karena pengguna jatuh saat beraksi.

Dari 12 kematian tersebut, empat di antaranya tewas karena jatuh, sisanya karena swafoto di dekat kereta api atau menggunakan alat yang berbahaya misalnya pistol dan lainnya.

Insiden swafoto ini pun menjadi perhatian bagi para pengelola wisata di dunia. Sebab tak jarang turis mengambil swafoto dengan cara berbahaya. Misalnya berswafoto dengan beruang dan lainnya. Bahkan gelaran balapan sepeda terkenal Tour de France juga memperhatikan risiko bahaya swafoto, sebab beberapa pengunjung balapan itu nekad berswafoto saat rombongan pesepeda lewat.

Tak heran kini beberapa lokasi menarik melarang swafoto dan tongkat narsis alias tongsis.

Risiko swafoto juga mengundang pemerintah Rusia bergerak. Pada Juli lalu, Kementerian Dalam Negeri Rusia telah merilis brosur peringatan tentang risiko bahaya berswafoto.

Laporan koran Rusia, Izvestia menyebutkan pemerintah mengampanyekan sebuah gerakan yang menekankan bahwa 'kesehatan dan keselamatan lebih penting daripada jutaan like swafoto'.

Untuk mengampanyekan swafoto yang aman ini, Kementerian Dalam Negeri Rusia sampai harus menggelar konferensi pers untuk meluncurkan gerakan panduan swafoto tersebut.

Salah satu poin dalam panduan swafoto aman tersebut, yaitu imbauan agar pengguna yang memfoto diri mereka tidak memegang pistol. Imbauan ini dilatari oleh insiden wanita Rusia umur 21 tahun yang menembak dirinya sendiri saat swafoto.

Intip Pose Duck Face Ala Titi DJ

Data di Rusia per Juli lalu menunjukkan sudah menunjukkan banyak korban yang jatuh akibat swafoto. Setidaknya dalam tahun ini, Setidaknya ada 100 orang yang terluka saat mencoba swafoto.

Ilustrasi selfie.

Tips Foto Selfie Ala Artis

Salah satu faktor penting, sudut pengambilan yang tepat.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2016