Komitmen Kaskus, Usut Rp511 Juta 'Nyangkut' di Blackpanda

Kaskus.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id - Menanggapi kasus Rekening Bersama (rekber) yang sedang ramai dibicarakan, manajemen Kaskus menegaskan Blackpanda tidak terikat secara hukum dan profesional dengan Kaskus.

Tahun 2016, Kaskus Fokus ke Forum Jual Beli

Untuk diketahui, Blackpanda merupakan salah satu anggota atau Kaskuser yang menyediakan jasa penitipan dana untuk pembeli dan penjual yang ingin bertransaksi di FJB (Forum Jual Beli) Kaskus maupun di marketplace online lain.

“Sangat disayangkan kasus seperti ini terjadi. Karena rekber adalah salah satu cara pembayaran yang sangat diminati oleh pelaku transaksi online khususnya di Forum Jual Beli (FJB) Kaskus," ujar Andrew Darwis, Chief Commercial Officer (CCO) dan Pendiri Kaskus dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 22 September 2015.

Kaskus Klaim Punya 8,6 Juta Pengunjung Aktif

Berdasarkan informasi yang didapat Kaskus, per 17 September 2015 sudah tercatat sebanyak 184 korban Blackpanda, baik dari penjual maupun pembeli. Total dana yang belum dicairkan Blackpanda mencapai Rp511 juta.

Pengaduan dari penjual, ditemukan pertama kali di Twitter pada Juli 2015, dan jumlah pengaduan terus bertambah sampai September 2015. Hingga 14 September 2015, Blackpanda diketahui sudah mentransfer sejumlah uang ke beberapa korban. Namun pemilik Blackpanda tidak dapat dihubungi dan tidak diketahui keberadaannya.                                                      

Belajar dari Kasus Rekening Bersama, Kaskus Punya BranKas

Sebagai platform, Kaskus mengatakan tidak dapat melaporkan kasus ini kepada kepolisan. Alasannya, Kaskus bukan penderita kerugian secara langsung. Untuk itu, Kaskus mengimbau kepada semua korban untuk melapor kepada kepolisian, dan menyimpan Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) sebagai bukti laporan.

Semakin banyak laporan yang masuk ke kepolisian maka semakin cepat kasus ini dapat diselesaikan.  Kaskus menegaskan siap bekerjasama dengan Kepolisian dalam menyediakan segala informasi yang dibutuhkan.

"Fokus utama Kaskus adalah untuk membantu para korban dalam menyelesaikan masalah ini. Kami berharap ada itikad baik dari pemilik Blackpanda sehingga kasus ini bisa segera selesai. Kaskus akan terus berusaha membuat platform yang aman dan nyaman untuk semua pengguna dalam bertransaksi,” ujar Darwis.

Kaskus kumpulkan pecinta Pokemon Go di FX Sudirman, Jakarta

Kaskus Bikin Forum Khusus Pemain Pokemon Go

Diskusi Pokemon di Kaskus cukup tinggi

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016