Permintaan Tiket Naik 60 Persen Sampai Akhir Libur Lebaran

Reservasi tiket mudik Lebaran
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVA.co.id – Platform pemesanan tiket online, Tiket.com merilis data mengenai kecenderungan konsumen dalam memesan tiket lewat aplikasi dan website. Di libur bulan Ramadan serta menyambut libur Lebaran dan bertepatan dengan liburan sekolah tahun ini, pemesanan tiket lewat aplikasi meningkat dari tahun lalu.
 
“Tahun lalu kurang dari 10 persen di mobile apps, cuma single digit, tahun ini mencapai 35 persen, bahkan punya potensi 40 persen,” ujar Chief Communication Officer dan Co Founder Tiket.com, Gaery Undarsa saat ditemui di Jakarta, Senin malam, 20 Juni 2016.
 
Bahkan, menurut Gaery tren pemesanan tiket lewat mobile ini mengalahkan negara tetangga. Dia menyebut, contohnya saja Australia, pemesanan lewat aplikasi di negeri Kanguru itu malah tidak ada peningkatan.

Sambut Mudik Lebaran, Perusahaan Ban Ini Rambah Dunia eCommerce

Ditambahkannya, dari tren peningkatan pemesanan tiket lewat aplikasi, yang mengungguli adalah pemesanan tiket pesawat. Itu jika dihitung total nominal dalam bentuk uang. Namun kalau dibanding jumlah tiket, tiket kereta api mengungguli.
 
Gaery memprediksi lonjakan permintaan tiket diprediksi akan naik 60 persen sampai akhir masa liburan lebaran. Kenaikan ini, kata dia dipicu oleh faktor libur Lebaran yang disambut dengan libur sekolah.
 
“Semua orang nunggu untuk bulan Juli. Semua ditumpuk, jalan-jalan dan liburan. Dibanding tahun lalu, kenaikan hampir dua kali lipatnya,” ujar Gaery.
 
Gaery menyebut, tahun lalu peningkatan pemesanan tiket saat Ramadan dan libur lebaran naik 40 persen. Optimis dengan peningkatan dari libur lebaran tahun sebelumnya, Tiket.com pun menargetkan kenaikan revenue penjualan sebesar 100 persen dibanding tahun lalu.
 
Gaery menambahkan, untuk libur Lebaran tahun ini, Tiket.com fokus pada penjualan tiket pesawat dan hotel. Sebab, untuk penjualan tiket kereta habis sudah ‘laku keras’.
 
“(Karena) kereta habis, tinggal eksekutif,” kata dia.

Untuk menarik minat pengguna, Tiket.com pun menawarkan promo-promo selama Ramadan tahun ini. Seperti Wara Wiri We Are Sorry, yakni promo diskon total Rp 750 ribu untuk pembelian tiket pesawat dan hotal. Serta Berkah Ramadan Liburan ke Luar Ngeri yaitu promo diskon hotel luar negeri di 10 negara Asia.

Shopee Luncurkan Program Baru, Garansi Tepat Waktu

Diketahui, saat ini pengunduh aplikasi mobile Tiket.com sudah sekitar 500 ribu pengunduh.

TikTok Shop resmi gabung dengan Tokopedia.

Integrasi Tiktok Shop dan Tokopedia, DPR: Harus Bantu UMKM Adaptasi dengan Teknologi

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Mohamad Hekal mendukung agenda pemerintah untuk melakukan digitalisasi terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar tetap relevan den

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024