VIDEO: Canggih, Deteksi Emosi dengan Sinyal Nirkabel

Emosi
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Menentukan emosi seseorang melalui ekspresi wajah tidaklah mudah, bahkan tebakan itu cenderung tidak akurat. Tapi kini, ada teknologi baru dari Laboratorium Ilmu Komputer dan Kecerdasan Buatan Institut Teknologi Massachushetts (CSAIL), Amerika Serikat.
 
Dengan teknologi besutan CSAIL itu, cukup dengan mendeteksi hembusan napas dan irama jantung melalui sinyal nirkabel, emosi seseorang bisa diketahui. Peneliti bisa mengetahui apakah seorang itu bahagia, sedih, gembira, atau marah.
 
Dilansir Futurism, Rabu, 21 September 2016, ilmuwan menjelaskan perangkat baru dari CSAIL ini diberi nama EQ-Radio. Teknologi ini akan mendeteksi emosi seseorang dengan menggunakan teknologi nirkabel.

Kalkulator Ini Dipaksa Pakai Windows 10, Begini Jadinya

Peneliti mengekstrak data dari sinyal nirkabel dan kemudian dianalisis untuk menafsirkan emosi seseorang. Peneliti mengatakan, teknologi ini lebih aman dan efisien dibandingkan dengan deteksi emosi mengandalkan sensor tubuh dan pengenalan wajah.
 
"(EQ-Radio) mengirimkan sinyal nirkabel dari tubuh seseorang dan kembali ke perangkat. Algoritma memecahkan refleksi dalam detak jantung seseorang dan menganalisis variasi kecil dalam interval detak jantung untuk menentukan tingkat gairah, dan pengaruh positif dan negatif,” kata salah seorang peneliti, Dina Katabi.
 
Cara membaca pengukurannya, saat sinyal menunjukkan gairah rendah dan pengaruh negatif artinya tingkat emosi dalam keadaan sedih. Sebaliknya, gairah yang tinggi dan pengaruh positif ditafsirkan sebagai bersemangat. Katabi mangatakan, EQ-Radio memiliki akurasi mendeteksi emosi seseorang 87 persen.

ICAMT-ICMR 2019: Saatnya Tahu Tren Ristek Dunia
Ilustrasi mahasiswa belajar

Ini Mata Kuliah yang Sesuai Perkembangan Tren Teknologi

Mengikuti tren perkembangan saat ini, maka mata kuliah yang diajarkan di Prodi Teknologi Informasi disesuaikan dengan zaman.

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2021