E-mail Google dan Microsoft Diklaim Aman dari Mata-mata

Ilustrasi e-mail atau surat elektronik.
Sumber :
  • Pixabay/Geralt

VIVA.co.id – Usai e-mail Yahoo dilaporkan menjadi media mata-mata pemerintah Amerika, Microsoft dan Google langsung membuat pertahanan. Keduanya mengatakan bahwa layanan e-mail mereka, baik Outlook, Hotmail dan Gmail, bebas dari aksi mata-mata.

Knowing Ways to Send Large Document Size on WhatsApp Easily

"Kami tidak pernah melakukan pemindaian secara rahasia terhadap e-mail yang ada di layanan kami. Tidak seperti apa yang telah dilaporkan dilakukan Yahoo selama ini," ujar juru bicara Microsoft kepada CNBC.

Tak hanya Microsoft, dengan e-mail Outlook dan Hotmailnya. Google, dengan layanan Gmail, juga menyatakan hal serupa.

Kirim Dokumen Ukuran Besar di WhatsApp Ternyata Mudah

"Kami tidak pernah mendapatkan permintaan dari badan intelijen untuk melakukan aksi mata-mata terhadap layanan e-mail. Walaupun ada, kami akan menjawab, tidak bisa," ujar juru bicara Google Alphabet.

Sebelumnya Reuters memberitakan bahwa Yahoo diam-diam melacak semua surat elektronik atau e-mail pelanggan, sejak tahun lalu. Informasi dari pelacakan tersebut guna diberikan kepada pejabat intelijen Amerika Serikat. Hal itu diungkapkan sumber-sumber yang mengetahui masalah tersebut, yakni dua orang mantan karyawan Yahoo dan satu sumber terdekat.

Serangan Phishing Kian Masif

Mereka menyebut perusahaan memenuhi permintaan Pemerintah Amerika Serikat untuk mengklasifikasikan dan memindai jutaan akun Yahoo Mail itu. Permintaan tersebut datang dari Badan Keamanan Nasional atau FBI dalam bentuk perintah rahasia yang dikirim ke tim hukum perusahaan.

Ilustrasi perangkat/smartphone.

Lacak Nomor HP dengan 4 Cara, Terakhir Bisa Cek Tarif Tol

Lacak nomor HP seseorang bisa dilakukan. Tidak hanya lokasi orang yang dituju tapi juga HP yang hilang. Namun, ada syaratnya.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024