Pemerintah Larang Samsung Galaxy Note 7 di Pesawat Terbang

Samsung Galaxy Note 7.
Sumber :

VIVA.co.id – Pemerintah, melalui Direktorat  Jenderal Perhubungan Udara dari Kementerian Perhubungan, secara resmi melarang penggunaan telepon pintar (smartphone) Samsung Galaxy Note 7 dalam penerbangan.

Jelajahi Keajaiban Alam dan Budaya di Kota Paling Cerah di Australia Pakai Tiket Hemat

Pelarangan tersebut tidak hanya pada penumpang, tapi juga awak pesawat. Smartphone Samsung Galaxy Note 7 juga tidak boleh ditaruh di bagasi kabin, bagasi tercatat atau kargo.

Pelarangan ini tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara No.  SE. 21 tahun 2016 yang ditandatangani oleh Dirjen Perhubungan Udara Suprasetyo pada tanggal 20 Oktober 2016.

Terbang Tinggi! Vietjet Air Raih Penghargaan Manajemen Keuangan dan Penerbangan

“Smartphone Samsung Galaxy Note 7 mempunyai potensi bahaya meledak/ kebakaran,” ujar  Suprasetyo dalam siaran persnya yang diterima oleh VIVA.co.id, pada Selasa, 25 Oktober 2016.

Hal ini merujuk pada  Surat Edaran Federal Aviation Administration (FAA-USA) No: 16-08 tanggal 14 Oktober 2016 tentang _Announcement of a Ban on All Samsung Galaxy Note 7 Smartphone Devices from Air Transportation in the United States.

Maskapai Israel Setop Penerbangan ke Afsel Usai Seret Kasus Genosida ke ICJ

Menurut Suprasetyo, terkait keselamatan dan keamanan penerbangan tidak ada toleransi. “Apapun yang berpotensi untuk membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan, akan kami larang,” ujarnya.

(ren)

Pesawat Batik Air

KNKT Beberkan Kronologi Pilot dan Co-Pilot Batik Air yang Tertidur saat Terbangkan Pesawat

KNKT membeberkan kronologi pilot dan kopilot maskapai Batik Air yang tertidur saat menerbangkan pesawatnya. Namun, beruntung pesawatnya mendarat dengan selamat di Soetta.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2024