Domain .id Cantik Masih Banyak Tersedia

Ketua Pandi, Andi Budimansyah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Pengelola Nama Domain Internet Indonesia atau Pandi mengungkapkan, saat ini sudah ada 1.199.045 website dengan domain .id. Pandi telah menetapkan target jumlah domain .id yang akan terpakai bisa mencapai 1,32 juta domain hingga akhir 2017. 

Domain .id jadi Juara Se-Asia Tenggara

Ketua Pandi Andi Budimansyah mengatakan, target tersebut terlihat kecil bila dilihat secara keseluruhan, karena domain tersebut digabung dengan Program Satu Juta Domain yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Di luar Program Satu Juta Domain, Pandi menargetkan pertumbuhan 60 persen, yang diharapkan mencapai 1,32 juta," ujar Andi di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu 11 Januari 2017.

Berkat Jurus Baru, Pengguna Domain my.id Meningkat Signifikan

Guna mencapai target tersebut pada tahun ini, Pandi menawarkan domain .id dengan harga miring untuk domain .id apa pun dari Rp500 ribu menjadi Rp250 ribu. Kemudian tawaran promo biaya domain hingga aplikasi-aplikasi penunjang pengelolaan nama domain.

Promo domain .id apa pun sepanjang kuartal pertama 2017 ini meliputi biaya pembuatan domain kisaran Rp55-100 ribu dan biaya perpanjangan domain sebesar Rp125 ribu.

Domain Terlaris Setelah .com, Nih Bocorannya

Andi menjelaskan, beragam manfaat dari penggunaan domain lokal ini, mulai dari hosting yang cukup cepat karena ada di Indonesia, hingga banyak domain cantik yang masih belum digunakan.

"Kalau domain .com kan sudah banyak sampai 130 juta-an, sedangkan domain .id masih kosong (belum banyak dipakai), dan banyak peluang untuk membuat dengan domain cantik," ucapnya.

Untuk mendaftar domain .id, Andi mengatakan, dengan berbekal KTP, maka website pun sudah bisa dibuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya