Laporan Banjir Jakarta di Aplikasi Qlue Naik Tiga Kali Lipat

Aplikasi Qlue
Sumber :
  • www.mycity.qlue.id

VIVA.co.id – Laporan kejadian banjir di wilayah DKI Jakarta melalui aplikasi Qlue meningkat signifikan sepanjang awal pekan ini. 

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Data aplikasi Qlue menunjukkan, tercatat lebih dari 1.500 laporan selama periode 1 Desember 2016- 21 Februari 2017, dengan 43 persen laporan banjir diterima oleh Qlue pada rentang waktu 24 jam (20-21 Februari 2017), tepat dengan terjadinya hujan deras di sejumlah wilayah DKI Jakarta.

"Jumlah ini melonjak sekitar tiga kali lipat, jika dibandingkan jumlah laporan di hari-hari sebelumnya," ujar Marketing Manager Qlue Indonesia, Elita Yunanda dalam keterangan tertulisnya, Rabu 22 Februari 2017. 

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Melalui data Qlue, dapat dilihat laporan yang masuk sudah terselesaikan sebanyak 2,7 persen, sedangkan 27,9 persen statusnya dalam proses dan 69,4 persen laporan masih menunggu untuk direspons.

Selain data mengenai banjir, Qlue memperlihatkan data laporan lain yang terkait dengan hujan panjang di Jakarta. Salah satunya adalah pohon tumbang, pada periode yang sama (20-21 Februari 2017) label laporan pohon tumbang mendapatkan 31 laporan, 6,4 persen telah berstatus diselesaikan, 74,2 persen sedang dalam proses dan 19,4 persen masih menunggu direspons. 

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

"Dengan adanya data ini kami harap semua pihak semakin waspada dengan cuaca dan keadaan lingkungannya. Warga mungkin bisa lebih dini melaporkan potensi banjir dan bencana lainnya, sehingga Qlue bisa dimanfaatkan sebagai aplikasi yang sifatnya preventif," ujarnya. 

Qlue memang sudah memiliki label laporan Pencegahan Banjir. Label ini tercatat memiliki 857 laporan terhitung sejak 1 Desember 2016 - 21 Februari 2017, dengan status 80 persen diselesaikan, 12,4 persen dalam proses dan 7,6 persen masih menunggu respons dari pihak terkait. Angka laporan label pencegahan banjir ini dapat menggambarkan upaya warga bersama pemerintahnya untuk meminimalisir terjadinya banjir. 

Ke depannya, label ini diharapkan lebih banyak digunakan oleh semua pihak untuk menekan terjadinya banjir di area Jakarta. Warga bisa mengunduh aplikasi Qlue di Play Store, atau pun App Store, agar dapat segera melaporkan segala bentuk potensi banjir atau pun bencana lainnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya