Wifi Generasi Baru, Kecepatannya Tembus 40 Gbps

Free WiFi di Kawasan Ciliwung
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Tidak puas dengan kecepatan wifi yang ada saat ini? Dalam waktu dekat, ketidakpuasan tersebut akan terbayar dengan adanya wifi generasi baru. Disebut light-base wifi atau li-fi.

Laptop yang Bisa Menangkap Sinyal WiFi Ratusan Meter Dijual di Indonesia

Li-fi diklaim memiliki kecepatan yang super ketimbang Wifi. Bahkan sampai 40 gigabyte per second (gbps), atau setara dengan 100 kali lebih cepat ketimbang koneksi wifi yang telah menjamur.

Dikutip dari Science Alert, kebanyakan sistem Li-fi yang ada sekarang mengandalkan penghantaran data melalui pijar LED. Ini artinya, ada semacam batasan untuk menerapkan teknologi itu ke sistem di luar lab. Namun kini para peneliti menemukan tipe li-fi terbaru, yakni menggunakan cahaya infrared.

Pemkot Depok Sediakan 878 Titik Wifi Gratis Tanpa Password, Cek Posisinya

"Dalam uji coba, kecepatan downloadnya mencapai 42,8 gbps, dengan jarak 2,5 meter. Wi-fi yang ada saat ini biasanya hanya sekitar 17,6 mbps dan maksimal 300 mbps," tulis laporan dari Eindhoven University.

Sejarah Li-fi

Gibran Rakabuming Buka Akses Wifi Gratis di Eks Rumah Dinas Jokowi

Sejatinya, sistem li-fi mengandalkan pijar LED ditemukan sejak 2011. Dalam uji coba lab, koneksi nirkabel ini mampu memperlihatkan kecepatan sampai 224 gbps. Namun pada 2015, dalam uji coba berikutnya, kecepatnnya turun menjadi hanya 1 gbps. Meski kecil namun masih tiga kali kecepatan wifi biasa.

Sebelum sempat diimplementasi, ditemukan kendala dalam li-fi LED. Untuk membiarkan li-fi tetap bekerja, maka lampu LED harus tetap menyala. Ini artinya, pengguna tidak bisa tidur dan menikmati gelapnya ruangan.

Untuk memecahkan masalah ini, mahasiswa PhD dari Eindhoven University of Technology, Joanne Oh pun membuat sistem berbasis infra merah. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya