Saran Pakar soal Fotografi Pakai Smartphone

Foto selfie.
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVA.co.id – Berkat perkembangan teknologi, untuk mendapatkan hasil foto yang bagus tidak melulu harus menggunakan kamera profesional. Anda bisa menciptakan foto luar biasa dengan hanya menggunakan handphone.

FujiFilm Enggak Terganggu dengan Banyaknya Kamera Smartphone

Namun, hasil foto yang cantik tidak bisa didapat sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar foto hasil tangkapan kamera semakin maksimal.

Pertama, jika Anda ingin menggunakan handphone sebagai alat untuk fotografi Anda harus sering membawa dan mengambil gambar sebanyak-banyaknya dengan handphone. Hal ini diutarakan oleh Arbain Rambey, fotografer senior dari Harian Kompas.

Profil Ghozali Everyday, Miliarder Anyar Penjual Foto Selfie

"Kalau mau handphone jadi tool fotografi, bawa terus ke mana anda pergi, ambil foto sebanyak mungkin," kata Arbain saat peluncuran buku kumpulan foto miliknya 'Adventure Smartphone Photography 2' bersama Advan G1 di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis, 23 Maret 2017.

Kedua, kenali kemampuan handphone. Tidak semua kamera handphone dibekali spesifikasi yang cocok untuk digunakan di semua keadaan. Berkaitan dengan yang pertama, Anda akan tahu kekurangan dan kelebihan kamera handphone jika sering dipakai.

Jual Foto Selfie NFT, Ghozali Everyday Ungkap Raup Rp1,7 M

"Anda harus yakin dengan gadget Anda dan kenali keterbatasannya. Mau motret sepakbola dengan handphone ya Anda akan frustasi nanti," ujarnya. 

Selanjutnya, Anda harus berani untuk mempublikasikan hasil foto ke media sosial. Tujuannya adalah untuk mendapat masukan agar hasil foto Anda semakin baik ke depannya.

"Kalau banyak foto tapi disimpan doang, Anda enggak belajar, kalau di-upload, kritik dan komentar orang itu adalah amunisi untuk tahu kekurangan kelebihan kita," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya