Indahnya Jalan Bernama Kartini di Belanda

Jalan RA Kartini di Utrecht Belanda
Sumber :
  • Google Street View

VIVA.co.id – Setiap 21 April, bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini. Namun, bangsa Belanda pun menaruh hormat kepada perempuan Jawa itu, yang dikenal sebagai pahlawan nasional pelopor persamaan emansipasi bagi wanita Indonesia. 

Ini Alasan Megawati Usung Ganjar Capres PDIP Tepat di Hari Kartini

Semasa hidup, Raden Ajeng Kartini berkirim surat dengan elit Belanda untuk menyampaikan gagasannya. Dia juga pernah diminta oleh parlemen Belanda untuk menulis artikel mengenai perempuan. Salah satu kumpulan surat Kartini yang sangat terkenal adalah Door Duisternis tot Licht, yang kemudian diterjemahkan menjadi Habis Gelap Terbitlah Terang.

Di Belanda, nama RA Kartini mendapat kehormatan. Kartini dijadikan sebagai nama jalan di empat kota di Negeri Kincir Angin itu, yakni di Amsterdam dengan nama jalan Raden Adjeng Kartinistraat; Jalan RA Kartinistraat di Utrecht; Jalan Kartinistraat di Venlo; dan Jalan Kartinistraat di Haarlem. 

Ciptakan Dunia Kerja yang Inklusif Bagi Para Srikandi DJKI

(ren)

RA Kartini.

Biografi RA Kartini, Tokoh Perjuangan Emansipasi Wanita di Indonesia

Raden Adjeng Kartini atau lebih dikenal sebagai RA Kartini adalah seorang tokoh penting dalam perjuangan emansipasi wanita di Indonesia yang lahir pada tanggal 21 April.

img_title
VIVA.co.id
20 Juni 2023