Miliarder Ini Sumbang Rp37 Triliun Bersihkan Laut di Dunia

Pengusaha Norwegia Kjell Inge Roekke.
Sumber :
  • REUTERS/Lise Serud/NTB Scanpix

VIVA.co.id – Seorang miliarder Norwegia bernama Kjell Inge Rokke (59) berjanji menghabiskan sebagian besar kekayaannya senilai US$2,6 miliar (sekitar Rp37 triliun) untuk membersihkan samudera di dunia.

Miliarder Angela Chao Tewas Usai Teslanya Error dan Terjun ke Danau

Rokke, yang memulai usahanya sebagai nelayan ini, ingin membangun kapal riset kelautan setebal 596 kaki yang akan meraup ton plastik yang merusak samudera.

Ia mengatakan bahwa dirinya ingin "memberikan kembali kepada masyarakat apa yang telah didapatnya". "Biaya pembuatan kapal tersebut diambil dari sebagian besar hasil kekayaan saya," kata Rokke, seperti dikutip situs Metro, Sabtu, 20 Mei 2017.

Rasyid Nikkaz, Sosok Miliarder yang Rela Bernasib Miris Demi Membela Muslimah Bercadar

Kapal Ekspedisi Penelitian baru (The new Research Expedition Vessel/REV), yang dibantu pembangunannya oleh WWF, akan mampu menghasilkan lima ton plastik sehari yang kemudian akan didaur ulang.

Kapal tersebut, lanjut Rokke, juga akan mampu membawa 60 ilmuwan dan 40 kru dan akan menjadi yang terbesar dari jenisnya di dunia. "REV akan menjadi platform untuk mengumpulkan pengetahuan," ungkapnya.

Robert Kuok Orang Terkaya di Malaysia, Beli Mall di Singapura Seharga Rp6 Triliun

Ia juga ingin menyambut para periset, kelompok lingkungan, dan institusi lain di atas kapalnya untuk memperoleh keterampilan baru dalam mengembangkan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan dan peluang yang terhubung ke laut.

Sedikit informasi, Røkke bekerja beberapa tahun di kapal pukat di Alaska, Amerika Serikat, sejak usia 18 tahun. Pada 1980, ia mengelola beberapa perusahaan milik AS sebelum kembali ke Molde, Norwegia - tanah kelahirannya- membangun armada kapal pengiriman.

Namun, Forbes pernah menyematkan sosok Rokke ini sebagai "perampok korporat yang kejam".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya