Tuna Rungu Kini Mudah Berkomunikasi Pakai Sarung Tangan

Sarung tangan khusus tuna rungu.
Sumber :
  • @CHSCanada/CNET

VIVA.co.id – Perusahaan asal Taiwan, Yingmi Tech, berhasil menciptakan sarung tangan khusus yang mampu menerjemahkan gerakan jari dan tangan menjadi teks melalui aplikasi ponsel pintar (smartphone).

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Sarung tangan ini memang diciptakan bagi orang dengan kemampuan terbatas (tuna rungu) agar bisa berkomunikasi dengan orang asing. Menurut laman CNET, Selasa 6 Juni 2017, sarung tangan tersebut memiliki sensor di jari-jari serta giroskop dan akselerometer di pergelangan tangan.

Sensor ini lalu mentransmisikan gerakan jari dan tangan melalui bluetooth ke aplikasi smartphone, dan menerjemahkan isyarat menjadi teks. Dengan begitu, tuna rungu bisa berkomunikasi dengan orang asing lebih mudah.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Teknologi ini juga memberi dampak besar pada kehidupan sehari-hari orang dengan kemampuan terbatas. Saat ini, bahasa isyarat yang digunakan masih sebatas bahasa China, namun Yingmi, mengatakan akan bekerjasama dengan pengembang lain untuk memperluas penggunaannya.

Sebelumnya, ada Uni yang merupakan tablet khusus dibuat oleh MotionSavvy, yang memungkinkan komunikasi dua arah.

Joe Biden Gelontorkan Dana Fantastis Perbaiki Jembatan Baltimore

Uni adalah monitor gadget bahasa isyarat menggunakan kamera terintegrasi dan software khusus, untuk menampilkan berbagai tanda dalam kata-kata yang diucapkan.

Tablet ini menghadirkan teknologi yang dapat digunakan mereka yang memiliki masalah pendengaran untuk dapat berkomunikasi jarak jauh. (ren)

Aplikasi yang membantu tuna rungu.

Aplikasi Ini Bantu Tuna Rungu Saling Berkirim Pesan

Terdapat isyarat tangan untuk mempermudah mereka berkomunikasi.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2016