Roffa Berhasil Menembus Angkasa Hanya dengan Balon Helium

Boneka Teddy Bear terbang mengangkasa.
Sumber :
  • Twitter/ @Roffathebear

VIVA.co.id – Boneka Teddy Bear yang diberi nama Roffa berhasil terbang 30,48 kilometer atau 100 ribu kaki ke luar angkasa setelah diikat dengan balon udara helium oleh sekelompok anak sekolah.

5 Negara Ini Siap Menjajah Bulan

Roffa diterbangkan murid-murid dari King's Rochester Preparatory School di Boley Hill, Kent, Inggris, yang mencatat perjalanannya selama 4,5 jam dengan menggunakan kamera GoPro.

Rekaman menunjukkan kelengkungan bumi di muara Thames, Isle of Wight dan melintasi Selat Inggris menuju Prancis. Roffa mencapai stratosfer dan menempuh jarak 18 mil (28,97 kilometer) sebelum balon udara tersebut meledak akibat tekanan ketinggian.

Jadwal Penerbangan ke Luar Angkasa di 2024

Setelah mengangkasa 4,5 jam, kamera GoPro berhenti merekam satu jam sebelum Roffa ditemukan di Hadlow, dekat Tonbridge. Proyek yang diberi nama ‘Operation Cosmic Dust’ ini dipimpin oleh Kepala Komputasi, John Jones dan Kepala Sains, Magnus Caithness.

Keduanya merupakan guru sekaligus pembimbing murid-murid berusia 8-13 tahun yang tengah mempelajari ruang angkasa di King's Rochester Preparatory School.

Astronot Termuda China Berangkat ke Luar Angkasa dalam Misi 6 Bulan

“Kami menemukan Roffa sekitar pukul 07.00 malam di Hadlow. Tapi kami pikir dia mendarat sekitar pukul 6.15 sore. Kami juga tidak habis pikir bila ada pasangan yang sedang menikmati malam di kebun mereka lalu melihat benda aneh jatuh dari langit,” kata Caithness, seperti dikutip Metro, Senin, 12 Juni 2017.

Sementara itu, Jones menuturkan kalau ada pasangan yang melihat di mana Roffa mendarat dan mengambilnya. Mereka membaca pemberitahuan di atasnya kemudian menghubungi nomor sekolah. "Roffa mendarat hanya satu mil di mana sinyal GPS terakhir dikirim," ungkap Jones.

Ilustrasi koloni manusia di Planet Mars.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Badan antariksa NASA saat ini ramai jadi perbincangan, karena mereka sedang mencari empat sukarelawan untuk menghabiskan satu tahun tinggal di Mars atau setidaknya ini

img_title
VIVA.co.id
23 Februari 2024