Robot Kini Bisa Melatih Otot Penderita Stroke

Ilustrasi stroke.
Sumber :
  • Pixabay/ Geralt

VIVA.co.id – Sebuah robot dirancang untuk melatih otot yang kram dan mengalami disfungsi gerakan bagi penderita stroke.

Polisi Ungkap Detik-detik Penemuan Ibu dan Anak Tewas Dalam Rumah di Cilandak Jaksel

Terobosan teknologi baru ini hasil kolaborasi antara Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST) bersama Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology (DGIST) dan Samsung Electronics Co. Ltd.

Menurut Profesor Sang Hoon-kang dari UNIST, dia dan tim menciptakan sebuah sistem robot rehabilitasi. Robot ini secara kuantitatif mengukur impedansi 3 degrees of freedom (DOF) lengan manusia dan pergelangan tangan dalam hitungan menit.

Kaya Protein Hingga Cegah Stroke, Jangan Lupa Masukkan Seafood ke Menu Ramadhan

Dengan menggunakan alat estimasi impedansi, atau distal internal model based impedance control (dIMBIC), secara akurat bisa mengarakterisasi impedansi lengan dan kaki 3 DOF, termasuk inersia, redaman, dan kekakuan, untuk pertama kalinya.

"Metode berbasis dIMBIC bisa dipakai untuk membantu evaluasi kuantitatif dan objektif gangguan neurologis, seperti stroke. Temuan ini membuka babak baru dalam rehabilitasi bantuan robot di rumah sakit atau di tempat-tempat rehabilitasi kecelakaan kerja," ungkapnya, seperti dikutip Sciencedaily, Senin 12 Juni 2017.

Wafat di Usia 97 Tahun, Solihin GP Sempat Enam Kali Alami Stroke hingga Lumpuh

Ia pun berharap, estimasi impedansi 3 DOF dapat meningkatkan studi kontrol saraf motorik di pergelangan tangan dan lengan depan, yang dilengkapi diagnosis perubahan gerak pergelangan tangan dan lengan bawah pascastroke.

Proses Evakuasi Jasad Suami Bakar Istri di Jayapura. (Foto:Damkar Kota Jayapura)

Sadis! Suami Bakar Istri di Jayapura Gara-gara Sakit Stroke

Suami di Jayapura Bakar Istri hingga Hangus Gara-gara Sakit Stroke

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024