Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 22 Juni 2017 | 12:25 WIB
  • Dapat THR Jangan Asal Beli Smartphone, Perhatikan 5 Hal Ini

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Dapat THR Jangan Asal Beli Smartphone, Perhatikan 5 Hal Ini
Photo :
  • http://www.gomuda.com
Generasi muda yang sibuk dengan gadget-nya

VIVA.co.id – Menjelang lebaran, THR pun cair dan semua orang langsung memikirkan apa yang akan dibeli dengan uang tersebut. Namun sebelum terlanjur menyesal, ada baiknya diperhatikan dulu dari sisi kemampuan dan kebutuhan.

Kami telah melakukan survei kecil internal terhadap 10 orang kawan di VIVA.co.id, terdiri dari lima pria dan lima wanita. Dari hasil survei tersebut, kebanyakan dari mereka mengaku mengutamakan kualitas kamera sebagai bahan pertimbangan dalam membeli smartphone.

Berikut lima hal utama yang menjadi pertimbangan para responden tersebut.

1. Kamera

Sekitar 7 dari 10 orang yang kami libatkan dalam survei ini menginginkan smartphone dengan kualitas kamera yang mumpuni. Baik dari sisi resolusi gambar dan fitur pendukung layaknya kamera profesional. Kamera sangat mereka butuhkan untuk bisa mengabadikan momen-momen indah saat bersilaturahmi dengan saudara, tetangga, sampai kolega.

Salah satu yang menjadi pilihan mereka adalah Oppo F3. Smartphone dengan tagline ‘selfie expert’ ini memiliki dual kamera di bagian depan, bukan belakang. Kamera depan memang kerap digunakan untuk melakukan foto selfie. Yang menarik, kamera depan Oppo F3 memiliki fitur wide angle 120 derajat yang bisa digunakan untuk selfie beramai-ramai (group selfie) dan bantuan resolusi 8MP. Dengan fitur ini semua saudara yang difoto akan masuk dalam satu frame, tidak ada wajah obyek yang terpotong.

Bahkan wide angle akan menghilangkan ketergantungan pengguna pada tongsis atau meminta bantuan orang lain untuk mengambil foto. 

Kamera depan dengan lensa 6P memberikan tampilan pandang yang lebih besar, dua kali lebih besar dari pada kamera selfie biasa. Kamera depan lainnya menggunakan resolusi 16 MP, sensor 1/3-inch dan aperture besar f / 2.0. Selain itu Beautify 4.0 berkontribusi dalam membuat wajah lebih cantik. Sedangkan kamera belakang (utama) memiliki resolusi 13 MP.
 
2. Desain

Diurutan kedua adalah pertimbangan soal desain smartphone yang akan dibeli. Jika kamera sudah ciamik, desain smartphone juga harus mengikuti tren kekinian.

Desain Oppo F3 bisa dibilang hampir mirip dengan bodi iPhone terbaru. Ini yang membuat Oppo F3 terkesan mewah dan elegan. Layar berukuran 5,5 inci ini mengadopsi layar lengkung ala Samsung dengan tipe 2,5D berteknologi Corning Gorilla Glass. Rasio bodi ini cukup nyaman saat digenggam. Bingkai F3 lebih tipis 27 persen dibandingkan dengan model sebelumnya F1s, dengan bezel yang sangat tipis, hanya 2 mm. Dimensinya, panjang sekitar 153,3 mm, lebar 75,2 mm  dan ketipisannya 7,3 mm. Berat Oppo F3 sekitar 153 gram dengan baterai di dalamnya.

Oppo F3 Selfie Expert

3. RAM/ROM

Kapasitas RAM dan ruang penyimpanan menjadi hal penting lainnya yang dipertimbangkan sebelum memilih smartphone. RAM besar sangat menjamin performa smartphone yang lancar. Sedangkan ruang penyimpanan besar harus cukup untuk bisa menampung file penting, termasuk foto dan video momen berharga.

Oppo F3 dilengkapi dengan RAM 4GB dan ini termasuk yang besar di kelasnya. Sedangkan ROM-nya sekitar 64GB dengan kapasitas penyimpanan hingga 128 GB via microSD. Pengguna dapat memasukkan kartu dual nano-SIM dan microSD secara bersamaan ke dalam triple slot tray.

Kecepatan sistem pun telah ditingkatkan sebesar 25 persen dengan mengadopsi sistem operasi ColorOS 3.0, yang merupakan kostumisasi dari Android 6.0 atau Marshmallow, dengan kecepatan pemuatan Home screen meningkat 35 persen. Instalasi aplikasi juga meningkat sebesar 41 persen.

4. Brand

Nama merek menjadi pertimbangan berikutnya yang cukup krusial. Brand ternama dianggap akan lebih meningkatkan prestise bagi para penggunanya sehingga tidak malu membawa smartphone itu ke mana saja.

Di Indonesia, posisi pertama untuk smartphone yang paling banyak terjual memang masih ditempati brand asal Korea Selatan namun untuk posisi dua sudah ditempati oleh Oppo. Klaim ini merupakan hasil survei dari beberapa biro riset, baik Counterpoint maupun GfK. Oppo diklaim memiliki pangsa pasar sekitar 17,3 persen, sedangkan vendor Korea Selatan sekitar 22 persen. Di bawahnya ada vendor Taiwan dengan marketshare 13,9 persen.

5. Baterai dan Prosesor

Memiliki smartphone yang tahan lama merupakan idaman semua orang, terlebih jika prosesornya juga cukup mumpuni. Baterai dan prosesor yang ada di sebuah smartphone merupakan hal berikutnya yang menjadi pertimbangan dalam membeli smartphone.

Baterai Oppo F3 memiliki kapasitas 3200 mAh. Daya tahan yang lama didapat tidak hanya karena baterai yang berkapasitas sebesar itu melainkan juga karena ColorOS 3.0 yang secara otomatis mengelola aplikasi pada latar belakang sehingga penggunaan daya terhitung rendah, menghemat baterai sekaligus memastikan kinerja berjalan mulus. Sedangkan performa yang tinggi didapat dari perpaduan RAM 4 GB dan prosesor delapan inti 1.5GHz Mediatek MT6750T, yang membawa kombinasi sangat baik untuk ponsel kamera.

Saat ini Oppo F3 dijual seharga Rp4,4 juta dengan cashback Rp400 ribu. Jadi pengguna hanya mengeluarkan kocek Rp4 juta saja. Selain itu, jika selama ini Oppo hadir dengan warna putih maka sekarang ada keluaran baru berwarna hitam. Harganya pun hanya Rp4,099 juta. Hadirnya warna hitam ini bisa menjadi pilihan terbaik karena harganya semakin terjangkau.