Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 22 Juni 2017 | 13:31 WIB
  • Ada Masalah di Jalur Mudik, Laporkan ke Qlue

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Ada Masalah di Jalur Mudik, Laporkan ke Qlue
Photo :
  • Twitter/qluesmartcity
Aplikasi Qlue

VIVA.co.id – Ritual mudik kian terasa pada pekan ini. Perjalanan sepanjang jalur mudik setidaknya banyak cerita. Mulai dari kemacetan sampai permasalahan lainnya. Perjalanan mudik menjadi perhatian bagi aplikasi media sosial pelaporan warga, Qlue. Aplikasi lokal ini mengajak warga untuk ikut aktif memetakan permasalahan yang ditemukan sepanjang jalur mudik dengan tagar #QlueinMudik.

Program ini bertujuan untuk menyerap data permasalahan mudik sehingga bisa menjadi evaluasi bersama untuk pelaksanaan, sarana dan pra sarana mudik ke depannya.

Chief Executive Officer dan Pendiri Qlue Rama Raditya mengatakan, penyelenggaraan mudik yang merupakan momen tahunan harus mendapatkan perhatian. Dengan platform Qlue, semua masalah bisa sepanjang perjalanan mudik bisa disalurkan dan dilaporkan.

“Jika selama ini permasalahan yang ditemukan pada jalur mudik hanya bisa dikeluhkan warga melalui sosial media dan kemudian meluap tanpa rekam data. Dengan platform Qlue, permasalahan-permasalahan tersebut dapat dipetakan dan terekam datanya. Untuk itu, Qlue mengajak warga untuk membantu memetakan permasalahan sepanjang jalur mudik yang mereka lewati melalui aplikasi Qlue,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis 22 Juni 2017.

Masyarakat bisa melaporkan permasalahan yang mereka temukan di sepanjang jalur mudik melalui aplikasi Qlue dengan memanfaatkan label-label yang tersedia, seperti Label Transportasi Umum, Label Jalan Rusak, atau Label Fasilitas Umum. Laporan tersebut diharuskan menggunakan tagar #QlueinMudik untuk nantinya dapat diolah menjadi rangkuman permasalahan mudik 2017.

“Kami menyadari ketidakberwenangan dalam penindaklanjutan setiap laporan warga, namun tujuan kami dengan #QlueinMudik ini tidak lari dari semangat #BERANIBERUBAH. Harapan kami masyarakat dapat berpartisipasi dalam sebuah perubahan baik, dengan menginformasikan kondisi jalur mudik yang mereka lewati,” ujarnya. 

Rama menuturkan, dengan laporan-laporan tersebut, platform Qlue akan bekerja menghasilkan rekam data mengenai permasalahan di jalur mudik. Harapannya data #QlueinMudik dapat menjadi bahan evaluasi untuk semua pihak yang terkait, demi pelaksanaan mudik yang lebih baik pada tahun berikutnya.

Untuk dapat berpartisipasi dalam memetakan permasalahan sepanjang jalur mudik, warga hanya perlu mengunduh Aplikasi Qlue dan memiliki akun aktif di Qlue. Kemudian mulai bisa melaporkan permasalahan yang ditemukan di sepanjang jalur mudik yang dilalui dengan menyertakan tagar #QlueinMudik.