Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 4 Juli 2017 | 12:39 WIB
  • VIDEO: Canggihnya Jalan Pintar Berenergi Pertama di Dunia

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
VIDEO: Canggihnya Jalan Pintar Berenergi Pertama di Dunia
Photo :
  • www.inhabitat.com/Pavegen
Jalan pintar Bird Street di London

VIVA.co.id – Jalan yang kurang dimanfaatkan di ujung barat London telah diubah menjadi jalan pintar berenergi pertama di dunia. 

Jalan yang dimaksud yakni trotoar di Bird Street, Kota London, Inggris. Jalan ini menghasilkan energi listrik dari langkah kaki pengguna jalan yang melaluinya.

Pejalan melintasi Bird Street itu dapat terhubung ke sebuah aplikasi dan melihat seberapa banyak listrik yang dihasilkan dari langkah kaki mereka. Jalan pintar ini dibuat oleh Pavegen, perusahaan teknologi yang mengubah area jalan dengan energi listrik. 

Kunci teknologinya yakni saat pejalan melangkah kakinya di jalan pintar itu, maka membuat jalanan bergerak naik turun. Rotasi dalam generator elektromagnetik di dalam jalan pintar itu menciptakan aliran listrik. 

Dikutip dari Inhabitat, Selasa 4 Juli 2017, Pavegen memasang lapisan untuk jalan pintar itu pada bidang 107 kaki persegi di Bird Street, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengubah kekuatan langkah kaki menjadi listrik. Kemudian energi listrik itu dimanfaatkan untuk mendayai lampu dan atau kicauan suara burung buatan di daerah tersebut. 

Pada jalan pintar tersebut, memancarkan Bluetooth Low-Energy, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan lapisan jalan pintar itu melalui aplikasi. Menariknya, pengguna jalan bisa menukarkan langkah kaki mereka di jalan pintar itu dengan diskon, voucher, dan energi ramah lingkungan.

Chief Executive Officer Pavegen Laurence Kemball-Cook mengatakan, sudah menciptakan jalan pintar di berbagai kota dunia. 

"Dengan instalasi di Washington DC dan di pusat transportasi vital termasuk Heathrow, London maka menunjukkan bagaimana teknologi kami dapat menghidupkan pengalaman berbelanja ritel. Teknologi kami membuat jalanan yang sibuk lebih menarik dan bermanfaat bagi orang dan pemilik merek," ujarnya. 

Fasilitas lain di jalan pintar Bird Street yakni bangku CleanAir besutan teknologi Airlabs. Bangku ini bukan sembarang tempat duduk, sebab mampu menyedot nitrogen dioksida dari udara untuk menciptakan gelembung udara bersih. Teknologi lainnya pada jalanan pintar itu adalah cat pemurni udara Airlite. Toko di sepanjang jalan tersebut dilindungi dengan cat pintar. 

Cat tersebut melindungi dari polusi sekitar. Kuncinya ada pada molekul cat tersebut yang mana diaktifkan oleh cahaya. Molekul itu bekerja dan menangkal polusi dan mengubahnya menjadi garam yang tak berbahaya. Garam tersebut kemudian tertiup oleh udara. 

Direktur Transportasi Perencanaan Kota London Alex Williams mengatakan, konsep jalan pintar Bird Street yang inovatif dapat diadopsi ke daerah lain di London. 

(Laporan: Suarmanto Effendi)