NASA Ungkap Amukan Badai di Planet Jupiter

Juno, satelit pemantau Planet Jupiter.
Sumber :
  • space.com

VIVA.co.id – Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, pada Rabu, 12 Juli 2017, merilis serangkaian gambar menakjubkan dari badai yang mengamuk di Planet Jupiter, yang dikenal sebagai 'The Great Red Spot'.

Momen Langka Planet Jupiter dan Saturnus Nyaris 'Ciuman', Senin Malam

Gambar menakjubkan itu diambil oleh pesawat nirawak, Juno, yang sedang melewati badai tersebut. Juno terbang di atas badai pada Senin malam, 11 Juli 2017, dan memberi pandangan paling dekat kepada manusia mengenai ciri khas planet terbesar dalam tata surya ini.

"Selama ratusan tahun para ilmuwan telah mengamati, bertanya-tanya, dan berteori tentang Bintik Merah Besar Yupiter," kata Scott Bolton, peneliti utama Juno dari Southwest Research Institute di San Antonio.

Planet Jupiter dan Saturnus Jadi Anak Kembar

"Sekarang kita punya foto terbaik yang pernah ada," ungkapnya, seperti dikutip situs Voa, Jumat, 14 Juli 2017. Para ilmuwan berharap mempelajari lebih lanjut tentang apa yang mendorong badai tersebut.

Bolton mengaku akan memerlukan beberapa waktu untuk menganalisis data yang ditangkap oleh delapan instrumen Juno, ketika melewati badai dengan ketinggian 9.000 kilometer.

Cara Ilmuwan Nyari Alien, dari Jupiter hingga ke Lubang Hitam

The Great Red Spot, yang telah dipantau sejak 1830, ini memiliki lebar 16.350 kilometer pada 3 April lalu, di mana ukuran ini 1,3 kali lebih besar dibanding Bumi. 

Planet Jupiter dan Saturnus.

Dua Sosok Ini akan Pelukan Usai Salat Maghrib

Konjungsi Agung akan terjadi dan bisa disaksikan pada Senin, 21 Desember 2020 pukul 18.30 WIB atau usai salat Maghrib.

img_title
VIVA.co.id
21 Desember 2020