Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 17 Juli 2017 | 10:46 WIB
  • Smartphone Terancam Disusupi Hacker dari Jarak Jauh

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia
Smartphone Terancam Disusupi Hacker dari Jarak Jauh
Photo :
  • Pixabay/Pexels
Ilustrasi remaja foto dengan smartphone.

VIVA.co.id – Ketakutan pengguna smartphone terhadap virus yang disusupi hacker tidak hanya berasal dari aplikasi atau software yang terdownload tapi juga chipset yang digunakan. Hacker ternyata mampu memasuki smartphone penggunanya hanya melalui jaringan wifi.

Dilansir melalui TechRepublic, smartphone yang terancam adalah semua yang menggunakan chipset Broadcom di dalamnya. Smartphone tersebut bisa disusupi hanya dengan bantuan sambungan wifi.

Sejatinya, kerentanan ini telah ditemukan sejak lama, tepatnya pada Februari 2016 oleh tim keamanan Google Project Zero. Meskipun telah setahun berlalu namun ancaman itu terdeteksi masih ada.

Kerentanan ini memang cukup canggih. Biasanya menyerang melalui software atau sistem operasi namun kali ini melalui hadrware. Modusnya, hacker bisa masuk ke dalam smartphone tanpa izin jika berada di dalam jaringan wifi yang sama. Kemudian hacker bisa mengambil alih perangkat melalui metode bernama remote code execution. 

Yang menarik, meski pengguna melakukan pengaturan keamanan dalam wifi miliknya, ini tidak akan terlalu berpengaruh karena hacker akan mengelabui agar bisa terhubung ke jalur akses terbuka.

"Ini merupakan salah satu contoh masalah pada keamanan pasokan. Paket sistem on-chip (SoC) yang menyediakan wifi untuk semua iPhone baru, Samsung dan Google Nexus selama beberapa tahun belakangan tidak pernah diperiksa dengan benar masalah keamanannya sebelum dimasukkan ke dalam handset. Mereka harus berterima kasih ke tim Google Zero Project karena telah menemukan kerentanan ini," ujar Craig Young, peneliti keamanan komputer dari perusahaan siber Tripwire.

Oleh karena itu, menurut Young, pengguna harus rajin melakukan pembaharuan yang dibutuhkan. Beberapa perangkat yang menggunakan chipset Broadcam menurut Young adalah iPhone 5, iPad, iPod, Nexus 5/6/6P, Samsung Galaxy dan lainnya.

"Disarankan untuk menonaktifkan wifi saat berada di ruang publik, sampai pengguna melakukan pembaruan," ujar Young.

Pakar IT Harry Sufehmi, dalam postingan di Facebooknya juga memberikan peringatan terkait masih merajalelanya ancaman smartphone dari jarak jauh. Oleh karena itu, bagi pengguna iPhone harus dipastikan sudah melakukan pembaruan iOS ke versi 10.3.1

"Untuk Android, pastikan security patch level sudah terbaru, yakni Juni 2017 atau lebih," ujar Harry. (mus)