Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 19 Juli 2017 | 11:47 WIB
  • Ada Emoji Wanita Berhijab di iPhone

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia
Ada Emoji Wanita Berhijab di iPhone
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi emoji.

VIVA.co.id – Penggunaan emoji telah menjadi tren baru dalam berkomunikasi. Ikon wajah berwarna kuning itu pun semakin memiliki variasi, termasuk gambar makanan, ibu menyusui, sampai wanita berhijab, zombie, Yoga, muntah, dan sandwich.

Dilansir melalui New York Times, Apple mengeluarkan 12 varian emoji baru dalam rangka Hari Emoji Dunia. Ketiga ikon di atas telah masuk di dalam urutan 12 emoji tersebut. Emoji ini akan diperkenalkan ke khalayak luas di akhir tahun, seiring dengan sistem operasi terbaru yang akan diluncurkan Apple.

Apple disebut sebagai pabrikan yang cukup kreatif dalam menciptakan emoji. Mereka mencoba memasukkan inklusivitas dan diversivitas ke dalam emoji buatannya. Beberapa contohnya adalah kemungkinan pengguna untuk mengubah warna kulit dari emoji manusia, atau emoji ibu menyusui dan wanita berhijab yang tidak ada di sistem operasi lain.

Untuk bisa memunculkan emoji tersebut butuh tahapan, khususnya izin dari sebuah lembaga non-profit bernama Unicode Consortium. Lembaga nirlaba itu bertugas menentukan emoji mana yang bisa masuk dan tidak boleh ada di ponsel. Mereka akan melakukan seleksi ketat.

Faktor utama adalah kebutuhan pengguna, seberapa besar frekuensi penggunaan emoji di platform yang sedang popular, semacam Twitter atau Snapchat.

Terkait dengan penggunaan emoji wanita berhijab sejatinya bukanlah hal yang baru. Seorang wanita berusia 15 tahun dari Saudi, Rayouf Alhumedhi, telah lebih dulu membuat emoji wanita berhijab. Dengan dukungan pendiri Reddit, Alexis Ohanian, Rayouf memasukkan proposal penggunaan emoji hijab buatannya ke United Consortium. Dari situ jika banyak orang yang merasa membutuhkan emoji tersebut, UC akan mempertimbangkan untuk menampilkan emoji itu secara massal di smartphone.

Sampai Juni tahun ini, UC menyebut ada sekitar 2.666 gambar emoji yang ada di Unicode Standard.