Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 28 Juli 2017 | 17:29 WIB
  • Cara Mudah Kendalikan Emosi

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Afra Augesti
Cara Mudah Kendalikan Emosi
Photo :
ilustrasi marah.

VIVA.co.id – Saat ini ilmuwan berupaya menemukan cara sederhana dan efektif untuk mengurangi dampak stres dan pikiran negatif.

Studi menunjukkan, berbicara kepada diri sendiri sebagai orang kedua dapat membantu mengontrol emosi manusia.

Menurut Jason Moser, tim peneliti dari Michigan State University, Amerika Serikat, hal ini disebabkan beberapa perspektif. Misalnya, kita dapat menilai diri sendiri sebagai orang lain yang juga menilai kita.

Dengan demikian, manusia bisa menghindari perubahan mood yang lebih ekstrem. "Intinya, kami merujuk pada diri Anda sebagai orang kedua membuat Anda berpikir sama dengan pemikiran orang lain. Anda bisa melihat bukti ini di otak," katanya, mengutip Science Alert, Jumat 28 Juli 2017.

Ia juga mengatakan, diperlukan studi lebih lanjut untuk menjalin hubungan yang lebih jelas antara berbicara dengan diri sendiri sebagai orang kedua dan pengaturan emosional.

Dengan cara seperti ini maka orang tidak akan lagi memerlukan peralatan mahal, tidak ada obat penenang, dan tidak ada pelatihan khusus guna mengontrol emosi.

Selain itu, Jason bersama timnya juga mencatat ada kesamaan tentang cara penggunaan bahasa dan cara seseorang "membingkai" sesuatu yang dapat mempengaruhi respons emosional terhadap hal tersebut.

Ini bukan trik yang sulit, tapi sepertinya efektif. "Ada banyak implikasi penting yang dimiliki dalam temuan ini. Karena, pemahaman dasar kita tentang pengendalian diri dan membantu orang untuk mengendalikan emosinya.” (mus)