Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 4 Agustus 2017 | 07:49 WIB
  • Core System Diklaim Bisa Tentukan Kualitas Layanan Keuangan

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama
Core System Diklaim Bisa Tentukan Kualitas Layanan Keuangan
Photo :
  • Ilustrasi
Ilustrasi grafik penerapan teknologi bagi perusahaan.

VIVA.co.id – Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor penting bagi setiap perusahaan, khususnya keuangan, baik perbankan maupun nonperbankan. Teknologi core system memberi keunggulan kompetitif terhadap kompetitor.

Kegunaan core system pada IT untuk mendukung pertumbuhan bisnis sehingga mengoptimalkan kinerja perusahaan. Selain itu, teknologi ini juga meningkatkan efisiensi dari sisi operasional.

Masalah yang kerap dihadapi perusahaan dalam menjalani bisnis, salah satunya, terkait manajemen data. Banyaknya data yang tersimpan dalam file dan folder secara manual membuat proses pencarian terhambat.

Kendati semua karyawan bisa mengakses server milik kantor pusat. Di mata Direktur Operasional Wom Finance, Anthony Yuarez Panggabean, core system adalah melayani kebutuhan konsumen melalui digitalisasi.

Menurut dia, apabila perusahaan telah menerapkannya maka sistem akan menjadi terintegrasi. Anthony juga mengungkapkan bila core system menentukan kualitas layanan bisnis perusahaan.

“Karena itu, pusat IT kita harus mapan, karena berdampak ke bisnis. Penjualan pun (sales) tentu akan bertambah. Tahun ini kami mulai memodernisasi core system kami, tahun depan diharapkan pusat IT kita yang baru sudah berjalan,” kata Anthony kepada VIVA.co.id, Kamis, 3 Agustus 2017.

Dikatakan sistem terintegrasi karena penggabungan mulai dari registrasi dan pengolahan kredit, eksekusi kredit, informasi pelanggan, serta akuntansi. Anthony juga menekankan kemampuan IT perseroan nantinya harus fleksibel dalam mendukung bisnis.

“Kalau bicara telecenter, mobile collection dan website, itu semua bagian dari channel (jaringan). Nah, ini semua akan lebih fleksibel jika IT kita bagus, karena men-support apa yang dibutuhkan. Inilah yang sedang kami kembangkan,” paparnya.

Anak perusahaan dari Maybank Indonesia ini baru saja meresmikan pusat telecenter yang menjadi alternative channel telephony untuk mendukung bisnis perseroan, baik dari sisi marketing, collection, serta service quality.