Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 4 Agustus 2017 | 15:17 WIB
  • Diciptakan, Bir Probiotik yang Bikin Tubuh 'Makin Kebal'

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Afra Augesti
Diciptakan, Bir Probiotik yang Bikin Tubuh 'Makin Kebal'
Photo :
  • Pixabay/Wokandapix
Minuman bir.

VIVA.co.id – Seorang Ilmuwan Singapura mengklaim telah berhasil menciptakan bir probiotik. Bir ini diyakini mengandung bakteri probiotik yang diklaim dapat meningkatkan kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh.

Peneliti makanan dari Universitas Nasional Singapura (National University of Singapore) Alcine Chan (23) bereksperimen selama hampir satu tahun dengan resep malt, alkohol, hop dan strain bakteri probiotik, hingga pada akhirnya dia mendapatkan formula yang tepat.

"Hop merupakan bahan utama pembunuh probiotik. Jadi, kami harus menemukan jalan keluar bagi probiotik untuk melawannya," kata Chan, seperti dikutip Reuters, 4 Agustus 2017.

Untuk diketahui, hop adalah sekumpulan bunga betina, atau biasa disebut benih kerucut (strobilus), dari spesies hop bernama Humulus lupulus. Hop umumnya digunakan sebagai perasa dan penstabil rasa bir, karena bunga ini dapat menambah rasa pahit dan asam. 

Chan mengungkapkan, ide pembuatan bir probiotik ini datang lantaran dirinya terinspirasi yoghurt probiotik atau minuman susu fermentasi yang dikonsumsinya saban hari.

Meski demikian, kandungan bir temuannya dan yoghurt kesukaannya sangatlah berbeda jauh. Bir probiotik ini memiliki kadar alkohol 3,5 persen, lebih sedikit dari bir pada umumnya yang kandungan alkoholnya bisa mencapai 4-6 persen.

Selain itu, setiap 100 mililiter (3,4 oz) minuman tersebut, atau kira-kira hanya seteguk mengandung 1 miliar organisme probiotik dan strain probiotik Lactobacilus paracasei L26.

Sementara menurut Supervisor Proyek Chan, Liu Shao Quan, menambahkan jika bir ini belum memiliki nama. "Bir hanyalah sebuah kendaraan baru untuk mengenalkan probiotik dan manfaat kesehatan yang terkait," kata dia. (ren)