Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 7 Agustus 2017 | 17:17 WIB
  • Jalan Dewi Sartika Jadi Dewi Persik, Google Minta Maaf

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Jalan Dewi Sartika Jadi Dewi Persik, Google Minta Maaf
Photo :
  • Google
Jalan Dewi Persik di Kota Bekasi pada peta digital Google.

VIVA.co.id – Google Indonesia mengakui memang ada kesalahan nama tempat jalan di Kota Bekasi, Jawa Barat pada Google Maps. 

Pada Google Maps, Jalan Dewi Sartika, Bekasi berubah namanya menjadi Jalan Dewi Persik. Menanggapi hal tersebut, Google Indonesia meminta maaf atas kesalahan tersebut.

"Ada kesalahan nama tempat yang muncul di Google Maps yang tidak seharusnya terjadi, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Tim kami telah mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki isu ini," ujar perwakilan Google Indonesia, Senin, 7 Agustus 2017. 

Google Indonesia menjelaskan kumpulan data yang muncul di Google Maps berasal dari berbagai sumber. Pertama dari basecamp Google. Data yang meliputi nama tempat, nama jalan dan lainnya merupakan kombinasi dari penyedia pihak ketiga, sumber data publik dan kontribusi pengguna. 

Dengan kolaborasi data itu membantu Google menciptakan data yang komprehensif dan terus update.

"Namun kami menyadari adanya kemungkinan untuk munculnya inakurasi dari sumber-sumber ini. Kami memperbarui data kami secara reguler, namun waktu yang dibutuhkan bervariasi," ujarnya. 

Untuk meminimalkan potensi kesalahan pada Google Maps, perusahaan digital raksasa dunia itu menyediakan tool yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk memercepat perbaikan. Tool yang dimaksud yakni ‘Send Feedback’ yang ada di pojok kiri bawah pada aplikasi Google Maps, sedangkan untuk pada Google Maps di desktop, tool ‘Report a data problem’ di pojok kanan bawah. (ase)