Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 8 Agustus 2017 | 08:33 WIB
  • NASA Balas Surat Bocah Pelamar Jadi Penjaga Bumi

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Afra Augesti
NASA Balas Surat Bocah Pelamar Jadi Penjaga Bumi
Photo :
  • NASA
Ilustrasi astronaut.

VIVA.co.id – Badan Antariksa Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration (NASA) membalas surat lamaran dari bocah berusia sembilan tahun asal New Jersey, AS.

Bocah bernama Jack Davis ini melamar sebagai Guardian of the Galaxy atau Tentara Penjaga Bumi dari serangan alien.

Davis menulis sebuah surat inspiratif kepada NASA dengan tulisan tangannya yang polos. Hanya bermodal pensil dan selembar kertas, ia berani mengajukan diri untuk mengisi posisi sebagai 'pengawal Bumi' dan menyatakan keinginannya untuk melayani agen tersebut.

Dalam suratnya, anak kelas 4 SD ini juga memproklamirkan diri bahwa dirinya pantas untuk menerima pekerjaan tersebut. Kira-kira, seperti ini isi surat lamaran kerja Jack untuk NASA.

"Nama saya Jack Davis dan saya ingin melamar pekerjaan sebagai petugas perlindungan planet. Saya mungkin berusia sembilan tahun, tapi saya pikir saya akan cocok untuk pekerjaan itu. Salah satu alasannya adalah saudara perempuan saya mengatakan bahwa saya juga termasuk alien. Terlebih, saya telah menonton acara Marvel Agents of Shield dan berharap bisa melihat film Men in Black. Saya masih muda, sehingga saya bisa belajar berpikir seperti alien."

Tak membutuhkan waktu lama bagi NASA untuk membalas surat Jack. Surat balasan ditulis langsung oleh Direktur Ilmu Planet NASA James Jim Green. Tak hanya itu, surat Jack dan surat balasan ini pun diunggah di website resmi NASA.

"Posisi untuk Tentara Penjaga Bumi kita memang benar-benar keren dan sangat penting. Ini tentang melindungi Bumi dari mikroba kecil saat kita membawa kembali sampel dari Bulan, asteroid dan Mars. Ini juga tentang melindungi planet-planet dan Bulan dari kuman yang kita bawa setelah kita mengeksplorasi tata surya secara bertanggung jawab. Kami selalu mencari ilmuwan dan insinyur yang cemerlang demi masa depan. Jadi, saya harap kamu akan belajar giat dan sukses di sekolah. Kami berharap bisa menemuimu di sini, di NASA, hari ini!"

Green juga menyampaikan, posisi untuk Perlindungan Bumi ini memang menarik bagi para pencinta luar angkasa dari segala usia, termasuk dari kalangan bawah umur.

Para kandidat yang lolos seleksi NASA akan menerima gaji senilai US$187 ribu atau setara Rp2,4 miliar per tahun, dengan kata lain Rp202 juta per bulan.

"Di NASA kami senang mengajari anak-anak tentang ruang angkasa dan mengilhami mereka untuk menjadi generasi penerus penjelajah (antariksa)," kata Green dalam website resmi NASA, Selasa, 8 Agustus 2017.

"Anggap saja itu sebagai bantuan daya tarik dan dorongan yang bisa mengubah hidup seseorang secara positif dan selamanya," ungkap dia.

Tak hanya itu, Green menerima telepon dari Direktur Riset Planet NASA, Jonathan Rall di Markas Besar NASA di Washington DC, untuk mengucapkan selamat atas diluncurkannya lowongan jabatan menarik tersebut. (art)