Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 15 Agustus 2017 | 15:46 WIB
  • Pemerintah Plin-plan Terapkan Teknologi 5G di Indonesia

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Afra Augesti
Pemerintah Plin-plan Terapkan Teknologi 5G di Indonesia
Photo :
  • http://www.onvsoff.com
Ilustrasi Teknologi 5G.

VIVA.co.id – Teknologi 5G mulai diperkenalkan di Indonesia. Nantinya, teknologi berkomunikasi ini dipercaya akan memenuhi tuntutan terhadap komunikasi data yang serba cepat, lebih stabil, dan aman.

Saat ini, berbagai perusahaan teknologi di dunia tengah bekerja sama dalam pengembangan, standarisasi, hingga uji coba teknologi 5G.

Teknologi ini tidak hanya menawarkan tingkat latensi yang sangat rendah, yaitu kurang dari 1 milidetik, dan kecepatan akses data yang tinggi dan konsisten atau kurang lebih 100+ Mbps di berbagai cakupan area.

Namun, juga menciptakan peluang bagi bisnis model dan industri baru. Kepala Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika, Basuki Yusuf Iskandar, menyampaikan bahwa implementasi teknologi 5G dapat mengubah gaya hidup tidak hanya konsumen tetapi industri.

Sebab, memberikan kecepatan transfer data dengan kapasitas yang lebih besar. Akan tetapi, pemerintah masih belum sepenuhnya memberi kepastian mengenai penerapan teknologi 5G di Tanah Air.

"Tak paham saya. Yang pasti ini bukan hanya (melibatkan) pemerintah. Makanya saya katakan social development itu penting, karena the man behind the gun. Teknologi ini (5G) bagus, ya, kalau orang ngerti. Kalau tidak atau setengah-setengah, ya, nggak produktif," ujar Basuki, di Jakarta, Selasa 15 Agustus 2017.

Ia juga menilai, keseluruhan teknologi 5G masih perlu dipersiapkan, baik dari sisi regulasi, industri, dan penerapan di kehidupan sosial. Basuki tak menginginkan teknologi yang berpotensi luar biasa ini menjadi terbuang sia-sia, lantaran pemerintah lengah dalam melakukan edukasi ke publik. (asp)