Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 17 Agustus 2017 | 07:00 WIB
  • 10 Aplikasi Paling Rakus Kuras Baterai Ponsel Android

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
10 Aplikasi Paling Rakus Kuras Baterai Ponsel Android
Photo :
  • www.pixabay.com/Rawpixel
Ilustrasi baterai pada smartphone

VIVA.co.id – Perusahaan penyedia produk keamanan digital, Avast merilis 20 aplikasi yang paling rakus menguras daya baterai, kapasitas penyimpanan dan penggunaan data internet ponsel Android pengguna. 

Dengan informasi yang terkumpul lebih dari 3 juta pengguna Android, laporan ini berisi daftar aplikasi yang paling menguras kapasitas ponsel beserta aplikasi pendatang baru yang masuk ke dalam daftar  seperti produk Google dengan aplikasi Play Music, Talkback dan Docs.

“Dengan mengetahui aplikasi favorit apa yang paling banyak mengkonsumsi daya baterai, data Internet dan kapasitas penyimpanan merupakan hal yang sangat penting sehingga kita dapat mengatur ponsel yang digunakan secara rutin," ujar Senior Vice President dan General Manager Mobile Business Avast, Gagan Singh dalam keterangan tertulisnya, Rabu 16 Agustus 2017. 

Dalam temuannya, aplikasi dibagi dalam dua kategori. Pertama aplikasi yang menguras pada saat ponsel dinyalakan atau start-up, dan kategori aplikasi paling menguras yang dijalankan oleh pengguna. 

Untuk aplikasi paling menguras kategori start-up yaitu 

1. Samsung AllShare
2. ChatOn Voice and Video Chat
3. Samsung Push Service
4. Google TalkBack
5. Google Play Music
6. Google Maps
7. Google Play Newsstand
8. Google Plus
9. ChatON
10.Hangouts

Untuk aplikasi paling menguras kategori dipakai pengguna yaitu

1. Samsung WatchON
2. Google Docs
3. Samsung Media Hub
4. SHAREit
5. Video Editor
6. Flipboard
7. Google Text-to-Speech
8. Clean Master
9. LINE: Free Calls & Messages
10. Adobe Acrobat Reader

Catatannya, sebanyak delapan aplikasi Google terdapat di dalam 10 besar aplikasi yang paling menguras kinerja ponsel, baik yang berjalan di start-up maupun yang dijalankan oleh pengguna. 

Samsung juga termasuk aplikasi yang menguras kinerja ponsel dengan adanya tujuh aplikasi yang masuk ke dalam daftar. Umumnya, Google dan Samsung menawarkan aplikasi-aplikasi ini sebagai pre-installed pada berbagai perangkat Android.  

Untuk aplikasi kirim pesan, ChatOn yang sudah tidak dikembangkan lagi, Google Hangouts dan LINE: Free Calls & Messaging merupakan trio teratas untuk 10 besar aplikasi yang membuat masalah.

Pada kuartal ini, aplikasi yang paling menunjukan perbaikan atau 'Most Improved' dipegang oleh aplikasi berkirim pesan gambar Snapchat, media sosial raksasa Facebook dan layanan streaming musik Spotify. 

Setelah sebelumnya menduduki tiga dari empat posisi teratas untuk aplikasi yang paling banyak menguras kinerja ponsel, termasuk yang berjalan di start-up maupun dijalankan pengguna, ketiga perusahaan ini berhasil melakukan peningkatan agar menjadi aplikasi yang lebih ringan. 

Dalam risetnya, Avast Android App Performance & Trend Report dibuat berdasarkan kumpulan data anonim berjumlah lebih berisi lebih dari 3 juta pengguna Android di seluruh dunia. Data aplikasi yang terdapat pada laporan ini mencakup periode waktu Januari 2017 sampai Maret 2017 dan hanya merangkum aplikasi berasal dari Google Play dimana Avast menganalisa minimal ukuran sampel sebanyak 50 ribu penggunaan.