Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 22 Agustus 2017 | 11:53 WIB
  • Mengintip Keunggulan Android Oreo

  • Oleh
    • Amal Nur Ngazis
Mengintip Keunggulan Android Oreo
Photo :
  • Google
Logo Android Oreo

VIVA.co.id – Google akhirnya benar-benar menjadikan momentum Gerhana Matahari Total 2017 untuk mengenalkan Android terbaru mereka. Seperti yang sudah berhembus beberapa waktu lalu, perusahaan digital raksasa itu akhirnya menamakan Android 8.0 dengan nama Android Oreo. 

Dalam keterangannya di blog perusahaan, dikutip Selasa 22 Agustus 2017, Google mengatakan Android Oreo hadir sebagai sistem operasi mobile yang lebih pintar, lebih cepat dan lebih kuat. 

Untuk fitur yang lebih pintar, Android Oreo punya picture in picture, yang memungkinkan pengguna untuk melihat dua aplikasi dalam satu tampilan di layar. Fitur lainnya yaitu notifications dots, yang memungkinkan pengguna dengan mudah mengetahui adanya notifikasi cukup dengan mengetukkan pada aplikasi, untuk menemukan hal baru dari aplikasi. Dengan kemudahan ini, diharapkan pengguna akan bisa mengambil tindakan atas notifikasi itu secara lebih cepat.  

Sisi lebih pintar Android Oreo dilengkapi dengan fitur Google Play Protect, yang membuat sistem operasi mobile ini menjadi lebih aman. Perlindungan ini memberikan status keamanan sebuah di awal dan selama dalam pengaturan, serta mengendalikan pemasangan aplikasi secara lebih ketat.

 Fitur picture in picture dan notification dots di Andorid Oreo

Fitur picture in picture dan notification dots

Google menyadari baterai pada smartphone masih menjadi bagian penting. Untuk itu, Android Oreo punya kemampuan untuk membantu meminimalisasi penggunaan berlebihan baterai yang tak dikehendaki pengguna. Kemampuan  ini secara tidak langsung akan mengefisienkan dan menjaga daya tahan baterai makin bertambah lama. 

Android Oreo dihadirkan juga dengan kemampuan yang lebih cepat, sebab perusahaan digital raksasa itu menyadari kecepatan akses adalah hal penting yang bisa membuat nyaman pengguna. Google menjamin Android Oreo mampu menjalankan performa lebih cepat dengan faster boot speed. Google mengatakan, boot speed Android Oreo dua kali lebih cepat dari yang ada pada perangkat Pixel. 

Kemampuan cepat dan pintar Android Oreo juga terwakili pada fitur Autofill, yang mampu mengingat kebutuhan beberapa hal, misalnya untuk login, seizin pengguna. Dengan hal ini, pengguna maka bisa mengakses aplikasi favorit pengguna secara lebih cepat. 

Google melengkapi dengan dukungan Android Instant Apps yang memungkinkan pengguna bisa menjalankan aplikasi mereka secara instan, tanpa perlu memasang aplikasi.

Rilis Android terbaru ini tak lengkap dengan penyegaran di sisi lain. Google menghadirkan penyegaran dan emoji baru.

Emoji pada Android Oreo

Emoji pada Android Oreo

Jika sudah tak sabar mencicipi Android Oreo ini, harap bersabar. Sebab untuk awal, sistem operasi mobile Google terbaru ini akan diuji pada smartphone Pixel dan Nexus 5X/6P, kemudian disusul pada rangkaian tablet Pixel C dan Nexus Player. 

Google bekerja dengan mitranya agar memperluas adopsi Android Oreo sampai akhir tahun ini. Beberapa vendor yang bakal menyematkan atau menyediakan pembaharuan ke Android Oreo yakni Essensial, General Mobile, HMD Global Home of Nokia Phones, Huawei, HTC, Kyocera, LG, Motorola, Samsung, Sharp dan Sony.