Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 22 Agustus 2017 | 20:30 WIB
  • Menkominfo dan Menko Perekonomian Rayu Bos Alibaba

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia
Menkominfo dan Menko Perekonomian Rayu Bos Alibaba
Photo :
  • REUTERS/Bobby Yip
Pendiri Alibaba Jack Ma

VIVA.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara telah menyambangi Bos Alibaba, Jack Ma, di China. Dalam kunjungan tersebut ternyata menkominfo tak sendiri.

Dalam keterangan resmi Kementerian Kominfo, melalui Pelaksana Tugas Kepala Informasi dan Humas, Noor Iza, terkuak jika menkominfo mendatangi Jack Ma dalam rangka mendampingi Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia, Darmin Nasution. Bersama mereka juga ada dubes RI untuk China.

"Bersama dubes RI mendampingi menko Perekonomian bertemu Jack Ma, yang ditemani Angel Zhao, vice president Alibaba Group. Ini untuk menindaklanjuti dikeluarkannya peraturan Presiden terkait peta jalan e-commerce," ujar Rudiantara.

Salah satu yang disampaikan dalam pertemuan itu adalah rencana pemerintah untuk mengundang bos Alibaba itu menjadi salah satu penasihat kepada steering committee dari inisiatif dalam menyusun peta jalan e-commerce di Indonesia. Penyusunan peta jalan itu saat ini, diketahui, memang diketuai oleh menko Perekonomian.

"Jack Ma menyanggupi. Dia akan datang bukan sebagai perusahaan, namun dengan niat tulus untuk mengembangkan ekosistem agar UMKM, masyarakat sub urban, dan pedesaan, khususnya di dunia sedang berkembang, bisa mendapat nilai tambah ekonomi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi," kata Rudiantara.

Sebelumnya, pemerintah memang telah mengungkap rencana untuk mengangkat Jack Ma menjadi penasihat e-commerce Indonesia. Namun, Ma lebih memilih menjadi advisor bagi Malaysia kala itu.

Ma diketahui memiliki bisnis di Indonesia setelah membeli Lazada dan mengucurkan dana investasi sebesar US$1 miliar (sekitar Rp13,2 triliun) untuk Tokopedia.