Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 23 Agustus 2017 | 07:14 WIB
  • Jack Ma Resmi Terima Pinangan Indonesia

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Afra Augesti
Jack Ma Resmi Terima Pinangan Indonesia
Photo :
  • China Daily/via REUTERS
CEO Alibaba Jack Ma saat menerima kunjungan Presiden Joko Widodo dan rombongan di Kta Hangzhou, China, 2 September 2016.

VIVA.co.id – Pendiri sekaligus CEO Alibaba, Jack Ma, resmi menerima tawaran pemerintah Indonesia menjadi penasihat steering committee dari inisiatif dalam menyusun peta jalan e-commerce di Indonesia.

Penyusunan peta jalan itu saat ini memang diketuai oleh Menko Perekonomian Darmin Nasution. Seperti diketahui, Darmin bersama Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara, berada di Beijing, China.

Keberadaan mereka dalam rangka menerima undangan khusus Alibaba untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai pembangunan bisnis e-commerce di Negeri Tirai Bambu itu, melalui beberapa kegiatan berbagi ilmu dan pelatihan lainnya.

"Jack Ma menyanggupi. Dia akan datang bukan sebagai perusahaan, namun dengan niat tulus untuk mengembangkan ekosistem agar UMKM, masyarakat sub-urban, dan pedesaan bisa mendapat nilai tambah ekonomi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi," kata Rudiantara, dalam keterangan resminya, Rabu, 23 Agustus 2017.

Undangan tawaran ini sebenarnya telah Ma terima sejak tahun lalu. Ia mengatakan, membangun jaringan logistik yang komprehensif di Indonesia adalah sebuah tantangan besar yang tengah dihadapi oleh industri e-commerce.

Untuk mengatasi hal ini, menurut Ma, ada dua persoalan mendasar terkait infrastruktur yang harus diselesaikan, dengan melihat jaringan informasi dan jaringan logistik.

Ma sendiri diketahui memiliki bisnis di Indonesia, yaitu telah membeli Lazada dan mengucurkan dana investasi sebesar US$1 miliar (sekitar Rp13,2 triliun) untuk Tokopedia.

Sebelumnya, Asosiasi E-Commerce Indonesia, atau idEA, menyambut baik langkah pemerintah yang mendukung penuh perkembangan ekonomi digital di Tanah Air.

Ketua Umum idEA, Aulia E. Marinto, mengatakan, dengan disahkannya Perpres tentang peta jalan e-commerce ini, maka seluruh program dan inisiatif ekonomi digital yang dicanangkan, baik saat ini maupun di masa datang, memiliki landasan hukum.

Aulia menyampaikan, dengan disahkannya Perpres ini, potensi ekonomi digital di Indonesia diperkirakan menjadi besar.