Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 23 Agustus 2017 | 12:25 WIB
  • Facebook Mulai Ditinggalkan Anak Muda

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia
Facebook Mulai Ditinggalkan Anak Muda
Photo :
  • REUTERS/Philippe Wojazer
media sosial facebook

VIVA.co.id – Penggunaan Facebook di Amerika mulai mengalami pelambatan. Pasalnya, anak muda di AS lebih suka menggunakan media sosial berbagi foto seperti Instagram dan Snapchat.

Hal ini diungkapkan oleh perusahaan riset eMarketer, seperti dikutip dari Phys.org, Rabu, 23 Agustus 2017. Menurut eMarketer, komunitas online di Facebook masih menunjukkan pertumbuhan, namun rata-rata penggunanya adalah orang-orang tua atau mereka yang berusia 24 tahun ke atas.

"Kami melihat remaja dan anak muda telah berpindah ke Snapchat dan Instagram. Kedua platform ini dianggap mampu mengakomodir cara anak muda berkomunikasi, yakni melalui konten visual," ujar Oscar Orozco, analis senior dari eMarketer.

Namun begitu, perpindahan anak muda ke Instagram tidak terlalu berpengaruh signifikan pada pertumbuhan Facebook, karena diketahui sebagian besar saham Instagram dimiliki oleh Facebook. Hal ini membuat Facebook masih sedikit 'terkoneksi' dengan anak-anak muda tersebut.

Orozco melaporkan bahwa Snapchat dan Instagram akan mengalami pertumbuhan yang signifikan tahun ini setiap bulannya. Untuk Snapchat, pertumbuhannya mencapai 25,8 persen setahun menjadi 79,2 juta pengguna aktif per bulan. Sedangkan pertumbuhan Instagram mencapai 23,8 persen tahun ini menjadi 85,5 juta pengguna aktif per bulan.

"Meskipun penggunaan aplikasi Facebook menurun untuk segmen remaja, namun para pemasang iklan masih bisa menggapai mereka melalui Instagram," katanya.

eMarketer juga memprediksi jika tahun ini snapchat akan mengambil alih pamor Facebook dan Instagram di mata anak muda, atau di bawah usia 24 tahun, untuk pertama kalinya. (ase)