Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 24 Agustus 2017 | 07:00 WIB
  • Robot Humanoid Bantu Proses Check-in di Bandara

  • Oleh
    • Lazuardhi Utama,
    • Isra Berlian
Robot Humanoid Bantu Proses Check-in di Bandara
Photo :
  • REUTERS/Hannah McKay
Ilustrasi robot humanoid dan manusia.

VIVA.co.id – Salah satu maskapai penerbangan di Selandia Baru memperkenalkan robot humanoid untuk memudahkan penumpang saat check-in.

Maskapai Air New Zeland memperkenalkan Robot CANdroid pertama - yang biasa disebut Chip - bertugas membantu penumpang saat check-in di bandara sejak Senin, 21 Agustus kemarin.

Chief Executive Officer Air New Zealand Avi Golan mengatakan, percobaan ini memungkinkan perusahaannya untuk memberikan layanan terbaik bagi penumpang, serta memberikan pengalaman di masa depan.

"Kami juga bereksperimen dengan memberikan gagasan bahwa awak kabin kami suatu hari nanti menggunakan HoloLens milik Microsoft di atas pesawat kami," kata Golan, dikutip situs Travel Nine, Rabu, 23 Agustus 2017.

Robot humanoid berwarna hitam dan putih ini dapat berinteraksi dengan penumpang meski tidak memiliki mulut. CANdroid mampu berkomunikasi dengan penumpang melalui layar sentuh yang tersemat di dadanya.

Robot ini juga bisa memindai boarding pass penumpang tepat di atas mata robot melalui sebuah gelombang, yang memungkinkan mereka naik pesawat bersamaan. Eksperimen yang berlangsung selama seminggu ini akan berakhir Jumat, 25 Agustus mendatang.