Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 24 Agustus 2017 | 15:55 WIB
  • Google Siapkan Konsultasi Kesehatan Gratis di Search

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia,
    • Lazuardhi Utama
Google Siapkan Konsultasi Kesehatan Gratis di Search
Photo :
  • Viva.co.id/Lazuardhi Utama
Press Conference update terbaru dari Google untuk Indonesia

VIVA.co.id – Sejak lama Google menyadari bahwa Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna Search terbesar di dunia. Oleh karena itu, Google berupaya untuk menambahkan fitur agar semakin menambah kemudahan bagi pengguna.

Yang terbaru adalah keputusan Google untuk membuat fitur kesehatan. Pengguna diharapkan akan menjadikan Google sebagai konsultan kesehatan. Oleh karena itu, Google akan memberikan informasi seakurat mungkin, melibatkan dokter spesialis di bidangnya.

"Google Indonesia telah bekerja sama dengan RS Mitra Keluarga. Nantinya akan ada 700 jawaban seputar kesehatan. Tentunya, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab oleh tim dokter spesialisasi," papar Ken Tokusei, Director of Product Management Google, di event Google for Indonesia di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta, Kamis, 24 Agustus 2017.

Untuk kesehatan, Google sendiri pernah memperkenalkan Knowledge Graph pada 2015 untuk global. Saat mengetik tentang penyakit di Search, maka akan tampil informasi lengkap berikut dengan grafisnya. Google mengklaim jika kala itu informasi kesehatan yang ditampilkan cukup akurat karena melibatkan tim doktor yang dipimpin Dr. Kapil Parakh.

Shortcuts untuk Indonesia

Tokusei sendiri mengatakan bahwa misi Google adalah mengembangkan fitur Search untuk bisa memudahkan menemukan informasi apa saja dan di mana saja. Melihat popularitas Search, Google pun mengembangkan fitur Shortcuts agar navigasi pencarian lebih mudah lagi, sesuai dengan penelusuran di Google.

Fitur baru Shortcuts ini memudahkan pengguna dengan tampilan User Interface yang lebih mudah dimengerti dan visual yang lebih menarik.

"Ketika bosan saat menunggu pesanan makanan, Anda juga bisa menggunakan Shortcuts untuk bermain game, seperti tic-tac-toe dan solitaire. Shortcuts juga memudahkan Anda untuk melakukan keperluan lain di Search, seperti melakukan terjemahan kalimat, mencari tempat wisata, hotel, atau sekadar mengecek kurs mata uang saat ini," kata Tokusei.

Selain Shortcuts, Search untuk Indonesia juga bisa digunakan dalam koneksi internet yang terbatas atau tidak stabil. Bahkan ponsel dengan kapasitas rendah (memiliki ram kecil) juga bisa melakukan pencarian. Hal ini dikarenakan Google membuat gambar di mesin pencarian tampil dengan ukuran file yang lebih ringan. (ase)