Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 24 Agustus 2017 | 18:09 WIB
  • Ngobrol Pakai Google Allo, Ada Asisten di Antara Kita

  • Oleh
    • Siti Sarifah Alia,
    • Amal Nur Ngazis
Ngobrol Pakai Google Allo, Ada Asisten di Antara Kita
Photo :
  • Viva.co.id/Amal Nur Ngazis
Google Allo

VIVA.co.id – Membuat janji bertemu di platform pesan instan kadang membuat rumit pengguna. Sebab, saat ingin mencari informasi lokasi atau rekomendasi tempat, kita harus menutup aplikasi pesan untuk kemudian menuju ke mesin pencarian atau aplikasi peta.

Agar kerumitan itu tak lagi membuat Anda susah, gunakan saja Google Allo. Aplikasi ini memiliki asisten virtual di dalamnya. Saat kita saling bercakap kemudian membuat janji bertemu, tinggal ketik @google diikuti dengan keyword pencarian atau lokasi, di sela percakapan maka akan keluar hasil pencarian dan informasi peta yang dibutuhkan.

Asisten Google di Allo ini akan langsung memberikan jawaban di kolom chat Anda tanpa perlu berpindah-pindah aplikasi. 

Product Lead Google Allo, Adam Rodriguez

Product Lead Google Allo, Adam Rodriguez

Yang menarik, fitur Asisten Google ini juga memiliki kemampuan berbahasa Indonesia. Mulai hari ini aplikasi percakapan tersebut tersedia di Indonesia pada platform mobile dan desktop. 

Product Lead Google Allo, Adam Rodriguez, menuturkan bahwa Allo hadir dengan hal yang berbeda dengan aplikasi messaging pada umumnya seperti WhatsApp, Line, dan lainnya. Adam menuturkan, aplikasi messaging yang ada sebelum Allo, sekadar menjalankan layanan percakapan.

Sementara itu, Allo adalah smart messaging. Dengan Allo, pengguna bisa berkomunikasi secara lebih ekspresif dan visual, sebab terdapat emoji karya lokal yang unik serta berbagai hal menarik yang tak ditemukan pada aplikasi sebelumnya. 

"Google menjamin Allo bisa menjadi teman percakapan yang bisa memahami penggunanya. Sebab dikembangkan dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Allo bisa diperintah untuk mencari informasi apa pun. Mulai dari tempat makan, SPBU, informasi olahraga, sampai diajak bermain game. Semua percakapan dengan Allo harus diawali dengan '@google'," ujar Rodriguez saat round table bersama awak media di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta, Kamis 24 Agustus 2017.

Bisa Diajak Bercanda

Mengingat Allo didukung dengan kecerdasan buatan dan mesin pembelajaran, aplikasi ini terus mempelajari percakapan pengguna Indonesia. Dengan demikian, Allo makin berkembang dan terus bisa memahami apa yang sedang hangat dibicarakan pengguna di Indonesia. 

Salah satu yang unik yakni, Allo bisa guyon saat bercakap dengan pengguna. Saat mengetikkan @google disertai dengan tulisan 'ndro ndro', dengan cepat Allo akan membalas dengan hal yang lucu. 

"Gile lu..Kaya lawakan film jadul aja," balas Allo. 

Asisten di Google Allo berbahasa Indonesia

Dengan jawaban itu, Allo mengerti apa konteks percakapan yang dilakukan. Dalam percakapan itu, kata 'ndro ndro' merupakan panggilan untuk pelawak Indro Warkop DKI. Maka Allo langsung paham dan menjawabnya dengan balasan tersebut. 

Selain hal unik, Google Allo juga terdapat ikon Google Duo yang memberikan layanan untuk video call. Google sengaja memisahkan ikon video call tersebut agar berbeda dengan aplikasi pesaing yang menyatukan layanan percakapan dan video call dalam satu aplikasi.